Kery Minta Kepala OPD Maksimalkan Kinerja

  • Bagikan
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa memberikan pengarahan kepada jajarannya, baru-baru ini. Dia menekankan kepada ASN supaya meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kery Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi perhatian serius pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa telah mengintegrasikan pelayanan pada satu tempat. Namanya, Mall Pelayanan Publik (MPP). Keberadaan MPP belum membuat Kery puas. Dirinya terus memacu kinerja aparatur sipil negara (ASN) supaya berinovasi dalam menjalankan fungsi pelayanan publik.

Kery Saiful Konggoasa menegaskan, pelayanan publik yang berkualitas, tidak cukup hanya mengandalkan infrastruktur megah. Lebih dari itu, harus ditunjang sumber daya manusia (SDM) yang profesional di bidangnya masing-masing. "Sarana tersedia dan SDM profesional. Itu yang akan membuat pelayanan masyarakat maksimal," ungkap Kery.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menuturkan, inovasi yang konkret sangat diperlukan untuk kemajuan daerah. Kery mengaku terus memantau kinerja pejabat eselon II di otoritanya. Jika belum memuaskan ekpektasinya, Konawe-1 itu sesumbar bakal melakukan rotasi jabatan pada awal 2023 mendatang.

"Bulan Januari 2023, kita adakan lagi uji kompetensi. Kita akan lelang beberapa jabatan, termasuk eselon II. Kalau memenuhi syarat, kita lakukan lagi mutasi," ujarnya. Kery Saiful Konggoasa nampak serius memberikan penegasan bagi pimpinan OPD. Politikus partai Nasdem Sultra itu menyebut masa jabatan pada periode kedua memimpin Konawe masih tersisa setahun lebih. Di penghujung masa jabatannya, Kery mengingatkan pimpinan OPD lebih serius mewujudkan visi misi pemkab Konawe. Termasuk, pandai dalam mencerna bahasa verbal yang dilontarkan kepala daerah.

"Memang harus ada penekanan agar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Konawe ini bekerja maksimal. Kalau tidak, kinerjanya pasti begitu-begitu saja," bebernya. Kery Saiful Konggoasa menambahkan, meski sudah di penghujung tahun 2022, ASN harus tetap memberikan yang terbaik bagi masyarakat, utamanya terkait pelayanan publik. Dalam rangka itu mengoptimalkan hal itu, lanjutnya, kepala dinas (kadis) maupun sekretaris dinas (sekdis) tidak boleh merasa hebat sendiri. Menurut Konawe-1 tersebut, dua jabatan itu sama-sama strategis sehingga menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan pada setiap OPD. "Keduanya harus kompak. Sekdis jangan dianggap jadi boomerang. Tapi saya harapkan kadis beri juga peran ke Sekdis. Jangan semuanya mau dia urus sendiri," pesannya. (b/adi)

  • Bagikan