Kendari Boyong Tiga Penghargaan Kemenkes

  • Bagikan
Staf Ahli Wali Kota Kendari Bidang Kemasyarakatan, SDM dan Kerjasama, Andi Dadjeng (kanan) didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kendari, Ellfi (kiri) memperlihatkan piagam penghargaan STBM dari Kemenkes, kemarin.

-Ajang STBM Awards 2022

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Nama Kota Kendari kembali bersinar di level nasional. Daerah otorita Asmawa Tosepu mempersembahkan tiga penghargaan dari Kementerian Kesehatan pada ajang sanitasi total berbasis masyarakat Award 2022 di Jakarta. Yakni kategori penerapan 5 pilar STBM, STBM berkelanjutan, dan STBM berkelanjutan kategori supply creation.

Penghargaan diserahkan langsung Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono Harbuwono kepada Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu yang diwakili Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan, sumber daya manusia (SDM) dan Kerjasama Pemkot Kendari, Andi Dadjeng.

Andi Dadjeng bersyukur Pemkot Kendari berhasil meraih penghargaan dalam STBM Award. Menurutnya, penghargaan ini menjadi bukti Pemkot sangat serius dalam mengatasi masalah kesehatan lingkungan.

"Pencapaian ini tentu saja merupakan buah dari kerja keras, kesungguhan, komitmen seluruh pihak mulai dari pemerintah, mitra pemerintah, dunia swasta, dan yang paling penting keterlibatan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan," ungkap Andi Dadjeng.

Ia berharap, sukses Pemkot Kendari meraih penghargaan dalam ajang ini menjadi momentum bagi seluruh pihak terkait untuk berkolaborasi memenyatukan persepsi untuk meningkatakan pengetahuan di bidang kesehatan lingkungan yang mendorong perubahan perilaku sehingga memotivasi masyarakat untuk mengakses sarana sanitasi yang layak dan aman.

"Kedepannya masih banyak hal yang harus kita kembangkan sehingga STBM ini betul-betul bisa merata di seluruh tatanan masyarakat. Melalui STBM kita sehatkan lingkungan. Kalau lingkungan sehat maka akan menyehatkan kita," ungkap Andi Dadjeng.

Perlu diketahui, tahun ini merupakan tahun ketiga Pemkot Kendari meraih penghargaan STBM. Capaian ini terasa istimewa karena Kendari menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Sultra yang mendapatkan pengakuan Kemenkes RI karena berhasil menerapkan lima pilar STBM. (ags/b)

  • Bagikan