Basiran Lepas 586 Duta Daerah

  • Bagikan
Suasana pelepasan 586 kontingen Porprov Kabupaten Buton yang dilakukan Pj Bupati, Basiran, sekaligus menyerahkan bendera pataka kepada ketua kontingen, Asnawi Djamaluddin, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Ada 586 duta membawa nama Kabupaten Buton dalam ajang Porprov yang ditabuh Sabtu (26/11) besok. Mereka resmi dilepas sebagai atlet dan official cabang olahraga (Cabor) oleh Penjabat Bupati Buton, Basiran, Kamis (24/11). Kepada para andalan daerah itu, Basiran menitipkan harapan besar untuk menjaga nama baik Buton sebagai tuan rumah maupun peserta pertandingan. "Ini kepercayaan besar untuk kita yang sudah diberi amanah sebagai tuan rumah. Mari membalas itu dengan keramahtamahan kita. Sukses Porprov ada di pundak kita semua, buktikan kepada tamu-tamu dan penonton Sultra bahkan Indonesia, bahwa Buton bisa," kata Basiran, kemarin.

Dikatakannya, meski belum ada seremoni pembukaan, namun beberapa kegiatan sudah diperlombakan. Mulai Cabor sepak bola, pencak silat dan terbaru lomba dayung yang juga baru dimulai pagi kemarin. Tiga Cabor itu sudah diikuti oleh Buton dan keseluruhan pertandingan berjalan baik. "Kenapa harus ada yang duluan tanding, karena jadwalnya panjang, tapi itu tidak mengurangi semangat dan pelayanan kita sebagai tuan rumah," lanjutnya.

Basiran juga menegaskan jika atlet yang mewakili Buton sudah diverifikasi oleh KONI dan mereka adalah putra putri asli daerah. Sehingga, jika berprestasi itu adalah kebanggaan yang sempurna sebagai tuan rumah. "Kita ingin menang dan juara. Tapi tidak dengan segala macam cara seperti atlet bayaran atau sewa. Kita ingin potensi nyata atlet Buton," tegasnya. Untuk menghargai dan memberikan apresiasi para atlet yang sukses mengharumkan nama daerah, Basiran mengaku sudah menyiapkan bonus dalam penganggaran tahun ini.

"Yang dapat bonus bukan hanya juara, tetapi pelatihnya juga. Karena mampu menjadi atlet yang hebat, tentu berkat jasa para pelatih,” terangnya. Melalui kesempatan itu, Kepala BPKAD Sultra tersebut juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kondusivitas pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi di Kabupaten Buton. “Jangan ada yang melakukan gerakan tambahan yang memicu gangguan keamanan. Karena jika ada hal-hal seperti itu, maka pihak kepolisian akan menghentikan kegiatan ini,” pungkasnya dalam pelepasan atlet yang ditandai dengan penyerahan bendera Pataka dari Pj Bupati ke Ketua Kontingen Buton, Asnawi Jamaluddin dan didampingi Ketua KONI, LM. Syamsir Siri Ikrami. (c/lyn)

  • Bagikan