Bak Sampah Beton Bakal Diganti dengan Bin Container

  • Bagikan
Adi Jaya Purnama

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bak-bak sampah yang terbuat dari beton, dibongkar. Bin container akan mengganti bak Tempat Penampungan Sementara (TPS)sampah yang tersebar di jalan-jalan protokol. Pemusnahan bak sampah beton akan dilakukan hingga akhir tahun 2022.

Kepala Bidang Persampahan dan Pengelolaan Limbah (B3) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari, Adi Jaya Purnama, mengatakan program untuk menggantikan TPS sampah berbahan beton dengan bin container ini hanya dilakukan di wilayah poros-poros kota saja. Sedangkan yang di lorong itu akan digunakan sistem jemput sampah dari rumah ke rumah.

Saat ini pembongkaran TPS masih terus dilakukan. Target kita sampai akhir tahun 2022 ini, TPS yang ada di sudut-sudut kita itu sudah habis. Beberapa waktu kedepan kita akan lagi melakukan pembongkaran, kita masih tunggu kesiapan dari pihak kelurahan saja," ungkapnya, kemarin.

Saat ini, ia menyebut 128 unit bin container yang sudah terpasang. Sejauh ini, 103 dari 625 bak sampah beton yang sudah dihilangkan. Jadi, Pemkot harus membongkar 522 TPS lagi. Program untuk menggantikan TPS, kata dia, untuk menghindari terjadinya penumpukan sampah lantaran jadwal buang sampah masyarakat yang sepenuhnya belum ditaati.

"TPS akan dihilangkan dan solusinya yaitu pemberlakuan jemput sampah dari rumah ke rumah. Hal ini sangat efektif dalam pembersihan sampah-sampah yang selalu berserakan di jalan. Sampai saat ini juga masih banyak warga yang belum taat terkait jam buang sampah.

Ia menambahkan, TPS sampah yang ada di berbagai jalan utama itu membuat wajah Kota Kendari tidak ramah dari sisi pemandangan. "Alhamdulillah, untuk di Kelurahan Tobuha, bak sampah beton kami sudah hilangkan. Kemudian TPS yang kelihatan kumuh seperti Awunguluri itu kami sudah ganti dengan bin container," ungkapnya. (Win/b)

  • Bagikan