Dorong Kreativitas Siswa, SMA Kartika XX-2 Kendari Gelar Festival

  • Bagikan
Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari, La Ode Suayib, S.Pd., M.Pd., (lima kanan depan), Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Arin Yufti Senjaya (tujuh kiri depan) foto bersama, usai pembukaan Kartika Festival 2022.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartika XX-2 Kendari menyelenggarakan Kartika Festival 2022 bertajuk Pahlawan. Festival yang diikuti oleh seluruh SD, SMP dan SMA se Kota Kendari ini, diselengarakan mulai 17 November hingga 19 November 2022.

Event ini dibuka langsung oleh Brigadir Jenderal TNI Yufti Senjaya, yang diwakili Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Arin Yufti Senjaya. Bertempat di pelataran SMA Kartika XX-2 Kendari.

Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari, La Ode Suayib, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa penyelenggaraan Kartika Festival merupakan kegiatan tahunan yang kembali digelar tahun ini usai pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga sebagai bentuk memperingati hari pahlawan yang yang jatuh pada 10 November 2022 lalu.

"Festival ini juga bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan kreativitas anak-anak kita. Sebagaimana diketahui, saat ini kita memiliki tugas bukan saja mengembangkan akademik siswa tetapi juga mengembangkan kreativitas yang dimiliki oleh siswa sesuai bidangnya masing-masing," terang Suayib, Kamis (17/11).

Selain itu, ia menambahkan, kegiatan Kartika Festival akan diikuti oleh siswa jenjang SD hingga SMA. Dengan menggelar berbagai rangkaian kegiatan lomba mulai pidato bahasa daerah, tari kreasi, fashion show hingga musikalisasi puisi.

"Tentunya, ajang ini juga sebagai bentuk silaturahmi antarsekolah yang ada di Kota Kendari. Dan sebagai ajang siswa dalam menunjukan bakat dan minatnya di dunia kesenian," tambahnya.

Ia juga berharap, ke depannya, kegiatan Kartika Festival ini dapat diselenggarakan dengan melibatkan sekolah se Sulawesi Tenggara (Sultra). Sehingga tahun ini pihaknya melihat lebih dulu sejauh mana jangkauan dari kegiatan ini.

"Saya juga berharap, dengan adanya festival ini anak-anak dapat memunculkan kreativitas baru dan akan menjadi pekerja seni kedepannya. Sekaligus dapat mengasah kemampuan siswa agar lebih baik da berprestasi diberbagai bidang," bebernya.

Di tempat yang sama, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Arin Yufti Senjaya mengungkapkan adanya festival ini diharapkan masing-masing sekolah dapat dikenal dengan kemampuan maupun prestasi siswanya.

"Kegiatan ini disambut baik oleh sekolah-sekolah khususnya antusias siswa dalam mengikuti berbagai rangkaian kegiatan lomba. Saya juga berharap, sekolah Kartika ini lebih maju dan lebih berkualitas dan memiliki kemampuan yang lebih dibidang apapun. Tentunya juga, yayasan selalu mendukung dan membantu untuk semua kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler maupun pembelajarannya," tutup Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XX Korem. (deh/b)

  • Bagikan