Asmawa Salurkan Kendaraan Operasional Nakes dan Kartu Jamkesda

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu (lima dari kanan) didampingi Kepala Dinkes Kendari drg.Rahminingrum (lima dari kiri) usai menyerahkan bantuan kendaraan operasional Nakes dan kartu Jamkesda kepada perwakilan penerima, kemarin. (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

Prioritaskan Kesehatan Warga

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Peningkatan derajat kesehatan warga Metro Kendari dan peningkatan pelayanan kesehatan menjadi prioritas Pj.Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu. Kepedulian akan kesehatan warganya, Pj.Wali Kota Asmawa menyediakan kendaraan operasional untuk tenaga kesehatan. Tersedianya kendaraan operasional diyakini menopang peningkatan pelayanan kesehatan.

Bukan hanya itu, Pj.Wali Kota Asmawa menjamin warga prasejahtera mendapatkan kemudahan pelayanan dengan mengikutsertakan dalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Pj.Wali Kota Asmawa mengatakan, bantuan kendaraan operasional nakes dan kartu jamkesda bagi warga prasejahtera merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap sektor kesehatan. "In Sya Allah, berbagai bantuan yang disalurkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehingga bisa mewujudkan Kendari Sehat," ujarnya dalam Rakerkesda Tingkat Kota Kendari di Hotel Kubah 9, kemarin.

Pada kesempatan itu, Pj.Wali Kota Asmawa memaparkan beberapa persoalan kesehatan yang tengah dihadapi masyarakat. Sebut saja, Covid-19, gagal ginjal akut pada anak-anak, stunting dan penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes.

"Saya mengajak seluruh pihak mulai dari Dinas Kesehatan, dan instansi terkait termasuk masyarakat untuk menangani persoalan kesehatan tersebut," kata Pj.Wali Kota Asmawa.

Dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, pemerintah telah berupaya merubah paradigma atau cara pandang pelayanan kesehatan dengan memberikan penguatan layanan yang sifatnya promotif dan preventif. Namun tidak mengesampingkan layanan yang bersifat kuratif dan rehabilitasi. "Mencegah itu lebih baik daripada mengobati," ungkap Pj.Wali Kota Asmawa.

Dari sisi pelayanan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus menambah fasilitas baik sarana maupun prasarana kesehatan, seperti kendaraan maupun pembangunan gedung baru. Pj.Wali Kota Asmawa mengingatkan seluruh insan nakes menghadirkan layanan prima, adil dan tidak diskriminasi dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kendari drg.Rahminingrum mengatakan, bantuan kendaraan operasional nakes diserahan kepada Puskesmas Kandai. Bantuan itu diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan layanan kesehatan di wilayah tersebut.

"Kami juga menyerahkan bantuan alat kesehatan (Alkes) pada Puskesmas Lepo-lepo. Mudah-mudahan berbagai bantuan yang diberikan bisa meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Khusus warga kurang mampu diberikan bantuan jamkesda agar terlindungi kesehatannya. Jika semua terlindungi maka derajat kesehatan kita bisa meningkat," pungkas drg.Rahminingrum. (ags/b)

  • Bagikan

Exit mobile version