Fakultas Farmasi UHO Perluas Kemitraan Hingga Internasional

  • Bagikan
Antusias mahasiswa Fakultas Farmasi UHO dalam mengikuti Word Class Profesor 2022

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Fakultas Farmasi Universitas Halu Oles (UHO) menggelar Word Class Profesor 2022 Lecture. Dengan mengangkat tema, The Golden Age of Computational Chemistry From Nanochemistry to Biochemistry (Zaman Keemasan Kimia Komputasi Dari Nanokimia ke Biokimia). Dalam kegiatan kuliah tamu ini Fakultas Farmasi UHO menggandeng salah satu dosen Universitas of New England, Australia, Prof. Amir Karton. Bertempat di Aula Fakultas Farmasi UHO.

Dekan Farmasi UHO, Prof. Dr. Ruslin, M.Si., mengungkapkan bahwa kuliah tamu ini akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan akademik selama satu minggu seperti workshop dan lainnya. Dan salah satu manfaat dari kegiatan tersebut yakni akan membuka keran kerja sama antara UHO dengan Universitas New England, khususnya Fakultas Farmasi. "Insya Allah, pada tahun depan kami akan berkunjung ke Universitas New England untuk melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk kerjasama.

Tentunya, MoU ini sebagai bentuk kemitraan dalam kegiatan tridharma," ungkap Prof. Ruslin, kemarin. Selain itu, Dekan Farmasi terpilih dua periode ini menjelaskan bahwa kedepannya, Fakultas Farmasi UHO tersebut akan menginternasionalisasi dengan membuka kerja sama diberbagai perguruan tinggi yang ada di luar negeri. "Nantinya, ada tiga perguruan tinggi yang sudah menjadi target kami di tahun 2023. Diantaranya, Universitas New England yang ada di Australia. Kemudian, lembaga pendidikan tertua kedua di Thailand, Universitas Thammasat. Termasuk perusahaan obat yang ada di Thailand yang sudah siap untuk melakukan kerja sama sebagai tempat kegiatan magang bagi mahasiswa strata satu (S1) maupun mahasiswa apoteker," jelas Alumni Program Doktor ITB ini.

Lebih lanjut, ia juga menambahkan, selain ketiga universitas tersebut, pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia. Dengan tujuan sebagai tempat pertukaran dosen maupun mahasiswa di tahun 2023. "Semoga persiapan kemitraan tersebut bisa kita lakukan. Tentunya, kegiatan seperti ini sangat diharapkan bahkan mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kedepannya juga, Fakultas Farmasi UHO akan banyak melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini. Saya juga berharap, dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa dapat mengambil manfaat dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikanya pada perguruan tinggi di kampus yang telah berkolaborasi dengan kita," tutup Prof. Ruslin.

Sebagai informasi, awal tahun depan salah satu alumni Fakultas Farmasi UHO akan melanjutkan pendidikan ke Thailand. Hal ini untuk memanfaatkan kerjasama yang telah ditandatangani secara online sebelumnya. (deh/b)

  • Bagikan