Surunuddin Dorong Penerapan Teknologi Tepat Guna

  • Bagikan
Surunuddin Dorong Penerapan Teknologi Tepat Guna--


Meningkatkan Produktivitas, Kesejahteraan Masyarakat, dan Daya Saing

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinamika kehidupan masyarakat berkorelasi erat dengan berkembangnya kebutuhan, permasalahan dan tantangan. Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga tampil menjawab tantangan itu dengan mengakselerasi pembangunan. Kanal yang dipilih adalah implementasi Teknologi Tepat Guna (TTG) sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga memandang penerapan TTG sebagai sebuah strategi untuk mengoptimalkan pendayagunaan semua aspek sumberdaya. Baik itu sumber daya alam, manusia, teknologi, dan sosial secara berkelanjutan.

Bupati Surunuddin mengatakan, jika TTG dimanfaatkan secara optimal diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu dan membantu dalam mewujudkan usaha produktif yang efisien.

"TTG mampu memberikan nilai tambah dalam produktivitas, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan pada gilirannya akan memberikan kontribusi dalam peningkatan daya saing daerah juga bangsa," ujar Bupati Surunuddin kepada Kendari Pos, kemarin.

Penerapan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan TTG menjadi urat nadi dalam membangun daerah. Olehnya itu, Bupati Surunuddin menjadikan inovasi TTG sebagai prioritas dalam memajukan Kabupaten Konsel yang dikemas apik melalui tagline "Desa Maju Konsel Hebat".

Guna mendorong implementasi khususnya pengembangan ekonomi masyarakat dan pembangunan kawasan perdesaan, salah satunya harus ditempuh dengan penerapan TTG dengan merangsang terciptanya inovasi temuan baru di masyarakat. "Kegiatan TTG sangat bermanfaat sekaligus berdampak baik terhadap kemajuan ekonomi masyarakat dan daerah," ungkap Bupati Surunuddin.

Bupati Konsel dua periode itu memerintahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konsel Anas Mas'ud melaksanakan pameran atau lomba penerapan TTG pada tingkat Kabupaten Konsel.

"Agar masyarakat kita termotivasi untuk berkreasi dan berinovasi di bidang teknologi. Saya minta untuk diperlombakan pada level kabupaten dan rutin diagendakan. Pemenangnya akan diikutsertakan dalam setiap kegiatan TTG tingkat nasional setiap tahun," perintah Bupati Surunuddin kepada Kepala DPMD Konsel Anas Mas'ud.

Dihubungi terpisah, Kepala DPMD Konsel Anas Mas’ud menyanggupi perintah Bupati Surunuddin. Bakal diwujudkan dalam bentuk Konsel Expo 2023. Anas menyebut, salah satu konsep dalam Konsel Expo adalah menampilkan temuan TTG masyarakat dan OPD Pemkab Konsel.

"Sehingga inovasi TTG terbaik akan kita ikutkan saat gelar TTG nusantara yang akan dilaksanakan Juni 2023. Diharapkan saat Konsel Expo 2023, setiap kecamatan dapat menampilkan berbagai inovasi TTG yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat," ujar Anas Mas’ud.

Ia menambahkan, berbagai inovasi yang hadir agar bisa difasilitasi dan dapat dimanfaatkan masyarakat Konsel. Lalu didorong ke level nasional , untuk selanjutnya dapat diikutkan untuk mendapatkan bantuan modal produksi. Salah satunya dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Intinya pemanfaatan produk inovasi masyarakat jangan berhenti hanya di desa saja, tetapi bisa dikembangkan dan dimanfaatkan masyarakat banyak dan melalui fasilitasi pemerintah dapat mengakses bantuan permodalan," pungkas Anas Mas’ud. (ndi/b)

  • Bagikan