Pemkab Buton Segera Salurkan 43 Ribu Bibit

  • Bagikan
Ma’mul Djamal

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Para petani di Buton diminta untuk segera mematangkan lahan pertaniannya. Pemerintah yang menjanjikan pembagian bibit pala dan kelapa genjah akan segera menyalurkannya dalam waktu dekat. Harapannya, saat bibit diterima petani langsung ditanam di lahan yang sudah siap. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma'mul Djamal, mengatakan, tahun ini Pemkab Buton menyiapkan 35 ribu bibit pala dan 8 ribu bibit kelapa genjah. Total 43 ribu bibit itu akan diserahkan kepada ratusan kelompok tani yang sudah bermohon.

"Untuk pengadaan bibit, kita sudah selsai lelang. Jadi sekaranv masih menunggu bibit dari pihak ketiga itu," katanya, Jumat (21/10). Menurut Ma'mul, bibit akan siap pada November mendatang. Sehingga pihaknya pun sudah menyiapkan berita acara serah terima dari rekanan pengadaan untuk kemudian diteruskan pada petani. "Kalau sudah siap (rekanan), kita langsung serahkan. Itu anggarannya Rp 500 juta untuk pala dan Rp 400 juta kelapa. Semuanya sudah jalan," tambah Ma'mul Djamal.

Selain menyiapkan bibit, Dinas Pertanian juga memberikan pendampingan lapangan pada petani, utamanya dimasa pemeliharaan. Pemkab Buton mulai menyalurkan bibit secara rutin sejak tahun 2019. Masa tanam hingga panen pala dan kelapa genjah kurang lebih lima tahun. Itu artinya, dalam dua hingga tiga tahun ke depan, petani akan mulai panen. "Karena ini komoditas ekspor. Soal pasar kita akan dampingi dan berikan informasi. Ini tidak susah, karena banyak kok pasarnya," yakinnya. (c/lyn)

  • Bagikan