Benahi Rusun Mangolo, Pemkab Kolaka Alokasikan Anggaran Rp 700 Juta

  • Bagikan
H. Abbas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tak hanya mampu mendapatkan dana membangun rumah susun (Rusun), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka juga berhasil meyakinkan Pemerintah Pusat agar mengalokasikan anggarannya untuk perawatan aset negara tersebut. Dalam waktu dekat Rusun yang ada di Kelurahan Mangolo, Kecamatan Latambaga itu akan dilakukan perawatan dengan menggunakan dana APBN.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kolaka, H. Abbas, mengungkapkan, untuk di Sulawesi Tenggara, hanya ada tiga daerah yang mendapatkan anggaran perawatan Rusun. Total anggaran yang diberikan untuk Bumi Anoa sekitar Rp 2 miliar. "Tiga daerah itu adalah Kota Kendari, Kabupaten Muna dan Kolaka. Untuk di Kolaka sendiri itu mendapatkan sekitar Rp 700 juta," ungkapnya saat ditemui Kamis (20/10).

Kata Abbas, perbaikan Rusun tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Untuk pengerjaannya, proyek tersebut sudah melalui proses tender. "Di Rusun tersebut ada lebih 40 kamar. Pengerjaannya akan dilakukan tahun ini," ujarnya. Abbas berharap, dengan adanya perbaikan Rusun maka nantinya bangunan tersebut akan terlihat semakin indah dan membuat nyaman para penghuninya. "Nanti kalau ada yang bocor-bocor akan diperbaiki. Jadi, penghuninya akan dibuat nyaman," tuturnya.

Terkait status kepemilikan Rusun di Mangolo tersebut, kata Abbas, masih merupakan aset negara karena belum diserahkan ke daerah. "Kalau pendapatan Rusun milik daerah yang di Kelurahan Lamokato itu jelas Rp 200 juta per tahun. Kalau yang di Mangolo itu masih aset negara," imbuhnya. (c/fad)

  • Bagikan