Lukman Abunawas Ingatkan Warga Waspada Cuaca Extrem

  • Bagikan
LUKMAN ABUNAWAS

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Wakil Gubenur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas mengimbau warga mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di wilayah Sultra, sebagaimana prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Katanya, berdasarkan amatan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari sebagian wilayah Sultra berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang disertai guntur dan angin. “Terakhir dari BMKG beberapa kabupaten di Sultra berpotensi cuaca ekstremutamanya bagian pesisir yakni hujan dan gelombang tinggi,” ujar Ketua DPD PDIP Sultra itu, kemarin (18/10).

Ia meminta nelayan dan para pengusaha kapal angkutan laut agar terus waspada dan memperhatikan informasi dari BMKG. Jadi jika tinggi gelombang dan cuaca tidak mendukung untuk berlayar agar diharapkan ditunda terlebih dahulu, sambil menunggu cuacanya kondusif kembali.

Mantan Bupati Konawe dua periode mengingatkan daerah yang masuk rawan banjir seperti Konawe Utara (Konut), Kolaka dan beberapa daerah di Sultra agar tetap waspada. “Jadi untuk daerah rawan banjir agar masing OPD-nya terutama Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, BPBD kemudian camat yang bersangkutan agar waspadai. Makannya kita betul-betul lestarikan lingkungan, pepohonan jangan dirambah,” ungkapnya. (jib)

  • Bagikan