RDTR Ibu Kota Koltim Mulai Disusun

  • Bagikan
Plt. Bupati Koltim, Abdul Azis ketika membuka kegiatan penyusunan pola ruang dalam RDTR kawasan perkotaan Kecamatan Tirawuta, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pembenahan dan penataan wajah Tirawuta sebagai ibu kota Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menjadi prioritas perhatian Plt. Bupati, Abdul Azis. Bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, ia mulai menyusun pola ruang dalam rangka rencana detail tata ruang (RDTR) kawasan perkotaan Kecamatan Tirawuta. Abdul Azis menyampaikan, rencana detail tata ruang ibu kota menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pada masa pemerintahannya. Menurut Azis, pembangunan daerah harus berdasarkan perencanaan yang matang dan terpola seperti halnya kebutuhan rencana detail tata ruang. "Tujuannya untuk mengimplementasikan strategi, kebijakan penataan ruang, rencana struktur, rencana pola ruang serta pengendali pemanfaatan dalam penataan ruang di wilayah ibu kota Koltim," jelas Koltim-1 tersebut, Kamis (13/10).

Purnawirawan Ajun Inspektur Dua Polisi itu menegaskan, RDTR akan menjadi rujukan dalam membangun daerah, khusus di wilayah Kecamatan Tirawuta secara detail dan terpola. Ia optimis, RDTR tersebut bisa menjadi rujukan penataan bangunan dan kawasan-kawasan strategis pengembangan tata kota ke depan. "Saya harap RDTR ini bisa cepat diselesaikan agar dalam pembangunan bisa lebih baik. Semoga daya dukung yang ada di Kecamatan Tirawuta tak terlampaui. Pokoknya dalam penyusunan ini harus dilakukan dengan basis data dan terverifikasi di lapangan serta melalui kajian akademik yang sudah lengkap serta tindakan terukur. Sekali lagi penyusunan RDTR ini bisa disusun tanpa menyita waktu lama," tandas Abdul Azis. (c/kus)

  • Bagikan