Daftar Tunggu JCH Sampai 25 Tahun

  • Bagikan
Hj. Marni

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Minat masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Setidaknya 47 ribu orang telah masuk daftar Jemaah Calon Haji (JCH) di Kemenag Sultra. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sultra, Hj. Marni, mengatakan, dengan jumlah JCH membuat daftar tunggu mencapai 25 tahun. Jadi bila daftar sebagai JCH sekarang maka nanti 25 tahun kedepan atau nanti pada tahun 2047 baru bisa menunaikan ibadah haji.

Dia melanjutkan, penentuan jumlah JCH yang akan berangkat setiap tahun untuk menunaikan Ibadah haji di Kabupaten dan Kota itu berbeda-beda. Karena hal ini diurutkan berdasarkan nomor porsi JCH se Sultra. “Jadi akan dilihat berapa nomor porsi terakhir yang berangkat tahun ini. Sehingga nomor setelah yang terakhir akan ditarik lagi hingga jumlahnya 1.984 orang, maka setelah ditarik akan diketahui di tiap kabupaten jumlah JCH yang akan diberangkatkan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jumlah JCH Sultra itu terus mengalami penambahan setiap bulan. Hal ini sebagai bentuk tingginya antusiasme atau keinginan masyarakat Sultra dalam menjalankan rukun Islam yang kelima yakni menunaikan ibadah haji. “Saya sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat Sultra untuk menunaikan ibadah haji. Setiap bulan, minggu bahkan setiap harinya ada yang mendaftarkan diri untuk menjadi JCH asal Sultra.

Akan tetapi untuk progresnya berapa perbulannya yang mendaftar saya tidak bisa merincinya, tetapi tiap bulannya pasti ada,”tuturnya. Dia mengimbau JCH asal Sultra untuk bersabar menunggu panggilan dari Allah untuk menunaikan ibadah haji. “Kita kan tidak tau kebijakan kedepannya itu seperti apa, apakah tahun depan jumlah JCH asal Sultra itu yang berangkat akan bertambah atau tidak. Tetapi kita berharap jumlahnya ini bisa bertambah dari tahun sebelumnya, sehingga daftar tunggu JCH ini bisa berkurang,”pungkasnya. (jib/b)

  • Bagikan