Lengkapi Prasarana GOR, Basiran Lobi Pemprov

  • Bagikan
Basiran

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton terus mematangkan kesiapan sarana dan prasarana penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). KONI Sultra sudah merilis jadwal pembukaan pesta olahraga yang melibatkan seluruh kabupaten/kota se-provinsi itu pada 26 November mendatang. Kabupaten Buton bertindak sebagai tuan rumah.
Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Pemprov Sultra membangun Gelanggang Olahraga (GOR) di Takimpo dan kawasan pemukiman baru yang dibuka. Jalannya sudah ada, namun prasarana listrik serta air bersih masih nihil. Dua kebutuhan dasar tersebut diyakini akan menghambat kelancaran pertandingan bila tak dipenuhi.

Pj. Bupati Buton, Basiran tak menampik hal itu. Ia pun mengaku sudah bergerak untuk pengadaan penerangan di kawasan GOR Takimpo itu. Basiran meminta bantuan pada Pemprov Sultra. Komunikasi dibangun melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra. Bahkan pihak terkait sudah meninjau lapangan. "Sudah dilakukan peninjauan dan perencanaan oleh pihak Dinas ESDM Prov Sultra," katanya. Lanjut Basiran, terkait realisasinya masih menunggu info lebih lanjut. "Saya masih tunggu infonya dari Kadis ESDM Prov Sultra ini," sambungnya.

Mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemprov Kalimantan Utara itu berharap, kebutuhan listrik bisa dipenuhi sebelum kegiatan digelar. Sebab tidak memungkinkan ditalangi oleh kabupaten karena jarak masuk GOR kurang lebih 5 kilometer. Kapasitas fiskal daerah sangat terbatas. (b/lyn)

  • Bagikan