Sulkarnain Atasi “Benang Kusut” Birokrasi

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir didampingi Wawali Kendari, Siska Karina Imran (depan, dua dari kanan), Ketua DPRD Kendari Subhan (depan kanan), Ketua PKK Kendari Sri Lestari (jilbab orange) dan disaksikan pejabat Forkopimda menandatangani prasasti peresmian MPP.


-Hadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Impian Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat akhirnya terwujud. Bersama Forkopimda, orang nomor satu di Kendari ibu meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP). Selain mendekatkan layanan, kehadiran MPP untuk mengatasi benang kusut layanan publik pemerintahan sebelumnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan latar belakang dibangunnya MPP berawal dari beberapa keluhan masyarakat yang kesulitan mengurus administrasi kependudukan (Adminduk) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tengah) bersama Wawali Kendari Siska Karina Imran mendengarkan pemaparan petugas pelayanan perizinan di MPP Kota Kendari

"Dulu mau urus KTP itu sulit. Harus ada orang dalam di Capil. Jika ingin cepat selesai pakai tarif. Ini sangat merugikan masyarakat. Makanya kami hadirkan mal pelayanan dan layanan berbasis aplikasi. Sekarang sudah tidak ada lagi pungli (Pungutan Liar)," kata Sulkarnain Kadir.

Sama halnya dengan perizinan, dahulu kata Sulkarnain, pengurusannya sangat rumit dan berbelit-belit. Padahal sebenarnya layanan perizinan hanya butuh waktu paling lama 10 menit jika dokumen yang dilampirkan lengkap. Karena saat ini layanan perizinan sudah berbasis online melalui OSS (Online Single Submission).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir didampingi Ketua DPRD Kendari Subhan (kanan depan) dan Kepala Disdukcapil Kendari, Iswanto Dongge (kemeja biru muda) meninjau loket layanan adminduk

"Dengan hadirnya Mal Pelayanan ini tentunya semua akan terintegrasi. Semakin mundah diakses masyarakat karena cukup hanya datang ke satu tempat yakni di Balai Kota Kendari," ungkapnya.

Sekedar informasi, dalam Soft Launching, MPP Kota Kendari sudah membuka layanan perizinan, adminduk, perpajakan, pertanahan, perbankan, aduan layanan masyarakat (Ombudsman) dan beberapa layanan publik lainnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bersama Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Ridwansyah Taridala (kanan), Kepala Dinas PUPR Kendari Erlis
Sadya Kencana (bawa tas hitam) keliling meninjau bangunan Balai Kota

Soft Launching MPP

  1. Tahap Awal, Baru Perizinan, Adminduk, Perpajakan, Pertanahan, Perbankan, dan Aduan layanan masyarakat (Ombudsman)
  2. Instansi Lainnya Masih Tahap Persiapan
  3. Terapkan Konsep One Stop Service
  4. Berada di Gedung Podium dan Tower

Layanan MPP
Administrasi Kependudukan
Surat Izin Mengemudi
Pasport
Sertipikat Tanah
Layanan KUA
Pengadaian
Perbankkan
Konsultasi Hukum (Kejaksaan dan Pengadilan)

Mega Proyek Balai Kota
Total Anggaran Rp 250 Miliar
Masa Pengerjaan 2019-2022
Pembiayaan Multiyears
Miliki Tiga Bangunan Utama (Podium, Parkir dan Tower)

Tahap I (2019) Gedung Utama (gedung podium) Rp 57 Miliar
Tahap II (2021) Perampungan Gedung dan Interior Rp 80 Miliar
Tahap III (2022) Pembangunan Tower Setinggi 9 Lantai Rp 133 Miliar

  • Bagikan

Exit mobile version