Soal Calon Pj. Wali Kota, Pemprov Sultra Menanti SK Mendagri

  • Bagikan
MULIADI

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Masa pengabdian Wali Kota Kendari Sulkarnain dan Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran tersisa tujuh hari lagi. Tepatnya 9 Oktober. Pemerintahan Pemkot Kendari tak boleh lowong meski satu detik. Jika Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (SK Mendagri) terkait penunjukkan penjabat (Pj) wali kota belum terbit, gubernur dapat menunjuk pelaksana harian (plh).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra telah mengantisipasi potensi kekosongan kekuasaan di Pemkot Kendari. Pemprov dan DPRD Kota Kendari masing-masing mengusulkan tiga nama calon penjabat (Pj) Wali Kota Kendari. Namun siapa saja calon Pj.Wali Kota itu, masih misterius.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah(Otda) Pemprov Sultra Muliadi mengungkapkan usulan calon Pj.Wali Kota Kendari masih berproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Semua tahapan sudah kita laksanakan. Sekarang tinggal kita tunggu hasil keputusan dari Kemendagri," ujarnya saat kepada Kendari Pos, kemarin.

Dikatakan Muliadi, jumlah nama yang diusulkan sebanyak tiga orang. Itu sesuai ketentuan yang dipersyaratkan. "Namun kami belum bisa menyebut siapa-siapa nama pejabat eselon II yang diusulkan menjadi calon Pj.wali kota. Karena itu adalah ranah pimpinan," tuturnya.

Semua nama yang diusulkan itu diuji lagi oleh Tim Penilai Akhir (TPA) di Kemendagri. "Dan hasil koordinasi kami di Kemendagri, kajian dari TPA itu sudah berproses. Tinggal kita tunggu keputusannya nama siapa yang ditunjuk," kata Muliadi.

Setelah Surat Keputusan (SK) Mendagri keluar, Biro Pemerintahan dan Otda Pemprov Sultra segera mempersiapkan proses pelantikan. "Karena Akhir Masa Jabatan (AMJ) Wali Kota Kendari ini sudah semakin dekat, maka kita persiapkan pelantikan ketika SK terbit," imbuh Muliadi.

Ia menjelaskan tim TPA yang ditunjuk presiden itu terdiri atas enam lembaga. Yakni KPK, BIN, Kemenkumham, Kemenkopolhukam, Kemendagri dan Sekretariat Negara (Setneg). "TPA dari enam lembaga itulah yang mengkaji nama-nama calon Pj.wali kota yang diusulkan Pemprov dan DPRD Kota Kendari. TPA mengkaji rekam jejak masing-masing bakal calon Pj.wali kota yang diusul itu," jelas Muliadi.

  • Bagikan