Dongkrak Booster II, Dinkes Jemput Bola

  • Bagikan
Elffi


-1.546 Nakes Telah Terima Dosis IV

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Untuk melindungi tenaga kesehatan (nakes) dari virus corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus menyuntikan booster kedua (II). Sejauh ini, sebanyak 37,24 persen atau 1.546 nakes telah menerima vaksin dosis keempat (IV) ini. Di Kendari, asa sebanyak 4.151 nakes menjadi sasaran.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari Elffi mengatakan vaksinasi terhadap nakes masih terus berjalan. Selain membuka layanan di kantor, pihaknya juga melakukan upaya jemput bola.

"Booster II bagi nakes tidak ada masalah. Sampai saat ini masih berjalan. Sesekali, kami turun ke lapangan. Kami memaklumi itu. Sebab mereka tak bisa meninggalkan pelayanan," jelas Elffi kepada Kendari Pos, Ahad (2/10).

Pemberian booster II sambungnya, menggunakan vaksin jenis pfizer. Sebagaiman surat edaran (SE) Dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P), jika vaksin I dan II menggunakan jenis moderna. Selanjutnya, boleh menggunakan vaksin jenis pfizer.

"Kita ketahui bersama, vaksin jenis moderna itu kosong. Jadi, penggunaan vaksin terhadap nakes itu menggunakan jenis pfizer. Selain mengejar target vaksinasi booster dua bagi nakes, kita diharapkan bisa menggugah masyarakat bersedia untuk di vaksin juga," ungkapnya.

Sejauh ini kata Elffi, vaksinasi dosis I-III bagi nakes telah memenuhi target (lengkapnya lihat grafis). Makanya, penyuntikan booster II tidak akan menemui kendala. Ia optimis target pemberiaan booster II juga akan terpenuhi. "Untuk dosis selanjutnya ini tidak perlu khawatir. Kita pasti akan lampaui target lagi. Hanya butuh waktu saja," ujarnya.

Vaksinasi Nakes
Sasaran 4.151 Jiwa
Dosis I 5.831 Jiwa atau 140,47 Persen
Dosis II 5.413 Jiwa atau 130,40 Persen
Booster I 4.209 Jiwa atau 101,40 Persen
Booster II 1.546 Jiwa atau 37,24 Persen

  • Bagikan