APBD 2023 Fokus Pendidikan dan Kesehatan

  • Bagikan

--Pemkot-DPRD Sepakati KUA PPAS APBD 2023

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dan DPRD menyepakati Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Se­mentara (KUA PPAS) APBD 2023. Meski masih akan dibahas, legis­latif dan eksekutif tetap mempri­oritaskan sektor pendidikan dan kesehatan dalam pelaksanaan anggaran tahun 2023. 

Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran mengatakan, KUA PPAS 2023 disusun dengan berpe­doman pada renja Pemkot Kend­ari 2023 dan Pemendagri Nomor 84 tahun 2022 tentang pedoman penyusunan APBD 2023. 

“Penyusanan KUA PPAS juga memperhatikan kondisi Kota Kendari yang masih sangat mem­butuhkan intervensi pemerintah pusat dan berbagai faktor, pe­layanan kesehatan, sektor pen­didikan termasuk pembangunan infrastruktur, perlindungan so­sial, dan sektor lainnya yang dap­at memicu pertumbuhan ekono­mi daerah,” ungkap Siska Karina Imran usai menandatangani kes­epakatan KUA PPAS APBD 2023 di Kantor DPRD Kota Kendari, kemarin 

Guna memperkuat postur APBD, pihaknya berkomitmen untuk lebih inovatif dan progresif dalam menggali sumber Penda­patan Asli Daerah (PAD), stimu­lus iklim investasi daerah, men­ingkatkan keunggulan dan daya saing daerah, mengubah budaya kerja berbasis digitalisasi dan terus meningkatkan kualitas pe­layanan publik terintegrasi. 

Kebijakan strategis tersebut, kata Siska, merupakan hal funda­mental dan esensial untuk men­dorong upaya pemerintah untuk mewujudkan Kendari menjadi kota layak huni yang berbasis ekologi (lingkungan), informasi, dan teknologi. 

“Insya allah terobosan kon­struktif ditengah keterbatasan yang kita miliki bisa segera kita dapatkan manfaatnya oleh masyarakat dan menjadi episen­trum bagi pembangunan Kota Kendari,” kata Siska. 

Pasca penandatanganan kes­epakatan KUA PPAS ABD 2023, pihaknya melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) akan melaksanakan asistensi dan raker anggaran OPD. 

“Setelah rampung, kami aju­kan nota kuangan APBD tahun 2023 sesuai dengan waktu dan tahapan yang dijadwalkan. Kami harap pentapan APBD tahun 2023 dapat terlaksana tepat wak­tu,” pungkasnya. (ags/b)

  • Bagikan