Wujudkan Kendari Bertakwa dan Religius

  • Bagikan
Wali Kota Kendari Sulkarnain kadir (kiri) bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Lukman Abunawas memotong pita peresmian Masjid Hajjah Nurhana Hamid Hasan

Bantu Penghafal Quran, Lansia dan Pelaku UKM

Kepedulian Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir terhadap masyarakat besar. Belum lama ini, orang nomor satu di Kota Kendari memberikan bantuan uang tunai bagi para penghafal Quran, masyarakat lanjut usia (Lansia) dan pekaku UKM

Sulkarnain menjelaskan, bantuan yang diserahkan merupakan hasil kolaborasi antara Pemkot Kendari dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam pengelolaan dana zakat ASN. "Alhamdulillah berkat kerja sama kita semua yang mempercayakan pengelolaan dana zakatnya melalui Baznas, kini sudah kita salurkan kepada mereka yang berhak menerimanya," kata Sulkarnain Kadir, usai menyerahkan dana zakat ASN di Balai Kota Kendari, kemarin.

Menimbang manfaat positif dari penyaluran zakat kepada masyarakat, Sulkarnain menyarankan bagi ASN yang belum membayar zakat melalui Baznas untuk segera bergabung membantu masyarakat.

“Kalau disalurkan masing-masing pasti tidak terdata. Sementara ada yang banyak sekali masyarakat yang mungkin juga butuh perhatian. Nah, lewat Baznas kami pastikan penyalurannya bisa lebih merata dan tepat sasaran karena warga yang dibantu mengacu pada dari Ketua RT/RW, Kelurahan, dan Kecamatan yang tahu persis kondisi warganya," kata Sulkarnain Kadir.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kota Kendari Amrin Natsir menjelaskan penyaluran zakat kali ini dilakukan berbeda dari sebelumnya. Bila biasanya di kantor kelurahan, kali ini dilakukan secara bersamaan di gedung Balai Kota Kendari. Ini dilakukan karena pandemi covid di Kota Kendari mulai tidak terdapat kasus.

Selain dana dari ASN, Baznas sudah mulai menggarap zakat dari masyarakat melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI), sehingga Baznas melakukan kerja sama dengan DMI. “Dengan adanya kerja sama antara Baznas dengan Dewan Masjid Kota Kendari bisa kita maksimalkan pengumpulan zakat dari masyarakat,” katanya.

Sekedar informasi, dana zakat yang disalurkan Pemkot Kendari bersama Baznas diberikan kepada sebanyak 199 warga prasejahtera. Rinciannya, sebanyak 40 penghafal Al Quran, 79 lansia dan 80 pelaku UKM. (b/ags)

  • Bagikan