Mengasah Kreativitas, Meraih Prestasi

  • Bagikan
Sekda Pemkot Kendari Ridwansyah Taridala (lima dari kanan), Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin (empat dari kanan) bersama pelajar SMP, SMA/SMK peserta Festival Pelajar 2022 di aula Graha Pena Kendari Pos, Rabu (28/9), kemarin

"Tantangan diera digitalisasi saat ini jika dilihat dari sisi negatifnya akan melahirkan persoalan etika. Lebih individual. Ada anak lebih senang belajar sendiri, berupaya sendiri dan terkadang ketawa sendiri. Sehingga kepekaan sosial sangat kurang saat ini," ungkapnya.

Sehingga, melalui festival pelajar saat ini setidaknya bisa mendorong pelajar untuk lebih kreatif, peduli pada lingkungan sosialnya, unjuk bakat dan bisa tampil didepan publik.
"Festival pelajar ini bisa melatih skill anak-anak agar bisa tampil di depan publik. Karena tidak gampang bicara di depan publik. Dibutuhkan sebuah kemampuan dan pengalaman," kata Direktur Irwan Zainuddin.

Ia berharap, festival pelajar menjadi sebuah wadah kompetisi dan persaingan dari sisi positif. Hal tersebut sangat penting dalam memacu semangat dan prestasi pelajar untuk memberikan yang terbaik.

"Generasi milenial harus mempersiapkan diri sebagai generasi Kendari, generasi Sultra yang siap menyongsong perubahan. Menyongsong generasi emas 2045. Pemimpin bangsa harus lahir dari Kota Kendari," kata Direktur Irwan Zainuddin.

Sekedar informasi festival pelajar Kota Kendari dilaksanakan selama dua hari, 28 - 29 September 2022. Lomba terdiri dari tiga kategori. Untuk kategori SMA dan SMP, lomba kerajinan tangan/prakarya, lomba ranking 1, dan lomba senam PGRI. Tiga lomba itu telah berlangsung kemarin. Sementara untuk kategori SD, hanya lomba senam PGRI yang akan dilaksanakan hari ini, Kamis (29/9).

Festival Pelajar Meriah

Festival Pelajar 2022 yang dilaksanakan Pemkot Kendari dan Harian Kendari Pos di Graha Pena berlangsung meriah. Peserta lomba sangat antusias mengikuti lomba. Pelajar SMA Negeri 1 Kendari Lovisye Meilinda Bosa mengaku sangat senang mengikuti festival pelajar meski ini pertama kali baginya.

"Saya sangat senang ikuti lombanya. Teman-teman juga begitu. Guru-guru sangat mendukung kami mengikuti festival pelajar ini," kata Lovisye.

Hal senada diungkapkan siswa SMKN 4 Kendari Muhammad Nur Ramadhan. Ia berharap agar festival pelajar rutin dilaksanakan setiap tahun, karena ini wadah mengekpresikan diri para milenial. "Kalau dilaksanakan lagi nanti, saya dan teman-teman pasti akan ikut," kata Ramadhan.

Sementara itu, Manajer Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan lomba senam PGRI tingkat SD akan dilaksanakan hari ini di Aula Graha Pena Kendari Pos.
Nursyamsi menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkot Kendari melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga kepada Kendari Pos menyelenggarakan festival pelajar 2022.

Ia berkomitmen, sukses penyelenggaraan event ini akan menjadi dasar pelaksanaan festival pelajar dalam skala yang lebih besar, bukan hanya ditingkat Kota Kendari, melainkan level provinsi. (ags/b)

  • Bagikan