Pemkab Siapkan Helatan Wakatobi Wave

  • Bagikan
Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud (tengah) ketika memberikan arahan pada rapat persiapan dan pembentukan panitia event Wakatobi Wave tahun 2022

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahun ini Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) kembali akan dihelat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi telah melakukan rapat persiapan dan membentuk panitia festival tahunan ini. Wakil Bupati, Ilmiati Daud memantau langsung persiapan agenda tersebut. Dua bulan yang akan datang, salah satu event besar di Wakatobi itu akan dilaksanakan selama beberapa hari. Kendati penyelenggaraannya biasa dilakukan pada November, namun persiapannya sudah harus dimulai jauh-jauh hari. Apalagi melibatkan sejumlah instansi terkait hingga vertikal.

“Saat ini mulai persiapan dan pembentukan panitia untuk Wakatobi Wave tahun 2022. Ini nantinya akan berlanjut,” ungkap Ilmiati Daud, kemarin. Ia menjelaskan, tahun lalu, event regional yang masuk dalam Kharisma Even Nusantara (KEN) tahun 2021 itu didukung melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Wakatobi. Nominalnya sebesar Rp 500 juta. Pada tahun lalu, festival ini mengusung tema "Kebulatan Spirit Maritim untuk Akselerasi Kebangkitan Pariwisata Wakatobi dan Indonesia".

Untuk diketahui, Wakatobi Wave pertama kali digelar pada tahun 2015. Hampir setiap tahun dilaksanakan dan mendapatkan dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat. Namun pada tahun 2020 tidak terlaksana karena pandemi Covid-19. Sementara pada tahun 2021 lalu, dukungan anggaran diperoleh melalui APBD Wakatobi. (c/thy)

  • Bagikan