Unsultra Ciptakan Generasi Unggul dan Inovatif

  • Bagikan
Rektor Unsultra Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, M.Sc., Agric (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin (kanan) sebagai pembicara dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Hotel Srikandi Kendari, Senin (19/9), kemarin

Tak hanya melulu soal pengenalan lingkungan kampus. Dalam PKKMB itu, Maba Unsultra juga diberikan materi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan bahaya narkoba. Rektor Prof.Andi Bahrun berharap, Maba Unsultra bisa mendukung program yang ada dikampus yakni Unsultra Dream to Become a Future University yang digaungkan dalam Unsultra In Global Action. "Menurut saya saat ini adalah momentum terbaik karena Unsultra telah didorong untuk digitalisasi yang digaungkan dalam Unsultra In Global Action, " pungkasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin menekankan pentingnya Maba memiliki karakter mandiri, kreatif dan inovatif. Sebab, perubahan yang datang membawa gerbong era disrupsi menuntut terciptanya insan-insan adaptif. Dengan memiliki karakter itu, Direktur Irwan Zainuddin meyakini mahasiswa Unsultra nantinya akan tampil sebagai generasi yang kompetitif di masa mendatang.

Bagi Direktur Irwan Zainuddin, mahasiswa baru juga penting merubah pola pikir atau mindset. Karena, mahasiswa merupakan agen-agen perubahan yang saat ini bukan lagi milik Indonesia tapi menjadi milik dunia.
"Ke depannya jangan menjadi generasi yang harus harus diarahkan. Tetapi harus mandiri dan berinisiatif. Seorang mahasiswa bisa membawa diri dengan mempunyai kualitas yang luar biasa dan bisa dibanggakan, serta kelak bisa bersaing dengan seluruh pemuda-pemuda di seluruh Indonesia,"ujarnya.

Dengan berbekal perubahan mindset itulah, pemuda milenial, apalagi mahasiswa, tidak lagi berpikir menjadi PNS atau pegawai bank. "Dunia kini sudah berubah. Semua harus sudah melek internet, melek teknologi. Dengan begitu dunia akan dalam genggaman kita," ungkap Direktur Irwan Zainuddin.

Selain itu, seorang mahasiswa harus mampu membangun jejaring dengan seluruh komponen mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia bahkan dunia. Salah satu kanalnya adalah media sosial. Untuk itu mahasiswa sebagai generasi milenial harus cerdas dan bijak bermedia sosial (Medsos). Medsos merupakan sarana interaksi (komunikasi dan berbagi informasi) secara virtual.

"Kita sebagai mahasiswa bisa membangun jejaring seluruh Indonesia bahkan secara global. Semua butuh jejaring. Jadi manfaatkan dan gunakan medsos secara cerdas untuk membangun jejaring, " kata Direktur Irwan Zainuddin. (rah/c)

Menciptakan Generasi Unggul dan Inovatif

  • Bagikan