Dukung Kampus Hijau, Fakultas Teknik Launching Program CFD

  • Bagikan
Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT, Dr. Ir. Adris A. Putra, ST., MT bersama para staf menggunakan transportasi sepeda dalam rangka mendukung program CFD.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) launching program Car Free Day (CFD). Program ini dalam rangka mendukung program kampus hijau, asri dan bebas dari polusi kendaraan.

Dekan FT UHO, Dr. Edward Ngii, ST., MT., mengungkapkan bahwa program CFD merupakan bagian dari kegiatan UI Green Metric yang dimotori oleh Universitas Indonesia dalam pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia yang berkelanjutan. Sehinga ada beberapa indikator-indikator yang dibutuhkan dalam pemeringkatan di setiap perguruan tinggi. Ini pula yang telah dicanangkan oleh Rektor UHO, Prof. Zamrun bahwa setiap fakultas berkompetisi untuk memperkuat Green Metric. "Untuk mendukung hal tersebut, FT berupaya melakukan program-program yang mendorong agar kampus tetap hijau dan bebas polusi salah satunya dengan launching program CFD. Sehingga dalam satu bulan kita berupaya mengurangi kendaraan yang masuk di fakultas kecuali pejalan kaki dan sepeda. Dan akan dilakukan tiap hari Jumat. Jadi, mahasiswa- mahasiswa kita yang memiliki kendaraan sepeda kita dorong untuk dimanfaatkan. Termasuk dosen dan staf kita arahkan untuk semaksimal mungkin untuk menggunakan kendaraan sepeda atau kendaraan umum," ungkap Edward, Jumat (16/9).

Dia menambahkan, dengan meluncurkan program CFD, pihaknya akan membentuk komunitas suka sepeda (Supeda) untuk mahasiswa, dosen maupun sfat di kalangan FT UHO. "Artinya, mahasiswa-mahasiswa kita siap memiliki kendaraan sepeda dan terbiasa menggunakan kendaraan sepeda ke kampus. Kita juga akan mengadakan kegiatan-kegiatan bersama salah satunya goes FT. Sehingga semakin mempererat keakraban antara mahasiswa, dosen dam staf dan semua yang terlibat di fakultas," tambahnya.

Selain itu, untuk mendukung kampus hijau dan asri pihaknya akan menangani limbah-limbah sampah yang berserahkan dan akan mendaur ulang limbah sambah yang dapat di manfaatkan kembali. "Jadi, bukan saja polusi udara tetapi juga sampah-sampah yang berserakan di sekitar fakultas. Sehingga tidak ada lagi limbah-limbah sampah dan kami juga akan mengingatkan mahasiswa agar membuang sampah pada tempat yang telah di sediakan," jelasnya.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni FT UHO, Dr. Ir. Adris A. Putra, ST., MT., menjelaskan bahwa UI Green Metric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi berbasis komitmen perguruan tinggi dalam hal pengelolaan lingkungan hidup. Lingkungan kampus adalah bagian kecil dari komunitas global yang seharusnya turut berjuang menanggulangi dampak perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. "Keberadaan kampus yang merupakan tempat dimana teknologi, ilmu pengetahuan dan inovasi ditegakkan, menjadi komunitas di tingkat lokal yang berperan penting dalam berkontribusi menerapkan prinsip sustainablity," terangnya.

Ketua CFD FT itu mengatakan, untuk itu perlu upaya-upaya salah satunya adanya green transportation atau sistem transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan untuk mengurangi dampak lingkungan akibat penggunaan bahan bakar fossil. "Kita perlu melakukan upaya-upaya yang dapat menekan semaksimal mungkin penggunaan kendaraan bermotor maupun mobil yang dengan mendorong dan memfasilitasi budaya jalan kaki dan bersepeda," tutupnya. (deh/b)

  • Bagikan