ISTEK Aisyiyah Kendari Terima Maba Tiap Semester

  • Bagikan
Foto bersama Ketua BPH ISTE K-AK, Dra. Hj. Marlina Gazali, M. Pd. I (dua kanan), Rektor ISTE K-AK, Prof. Dr. Hj. Mashuni S. Si.,M.Si (tiga kanan), Dekan fakultas sains teknologi dan kesehatan, Andika mayansara (paling kiri) bersama para Ketua Prodi serta para pengurus BPH ISTE K Aisyiyah Kendari.

Dia melanjutkan, saat ini ISTEK-AK menjadi salah satu pilot project di Sultra untuk penerimaan Maba yang bakal dilakukan dua kali setahun atau tiap semester baik ganjil maupun genap. "Sebenarnya di Sultra untuk penerimaan Maba seperti ini ada di pascasarjana, namun untuk S1 ini perdana. Jadi ini merupakan pilot project. Ini kita lakukan dengan melihat kebutuhan pasar, dan banyak para alumni SMA maupun SMK baru bisa melakukan pendaftaran pada semester atau tahun genap. Sehingga kini kita bisa fasilitasi, "jelasnya.

Ia menambahkan, kedepan, sebagai persiapan sebelum mahasiswa diterjunkan ke dunia kerja, kampus ISTEK-AK juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa instansi pemerintah maupun swasta dan perusahaan yang nantinya menjadi mitra ISTEK-AK untuk melaksanakan program magang (kuliah lapangan). “Selain berkuliah nantinya para mahasiswa juga akan dibekali pengalaman lapangan, dan praktiknya kami juga sudah bekerja sama dengan beberapa instansi dan perusahaan terkait untuk memfasilitasi mahasiswa praktik kerja lapangan,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Dekan fakultas sains teknologi dan kesehatan, Andika Mayansara menjelaskan, umumnya sistem penerimaan Maba selalu dilakukan di semester ganjil. Sekarang karena sudah ada dibeberapa kawasan Indonesia Timur dan memungkinkan penerimaan di semester genap, maka ISTEK-AK berencana setiap tahun menerima Maba tiap semester atau dua kali setahun (semester ganjil dan genap). "Karena beberapa perguruan tinggi di luar Sultra sudah melakukan mekanisme yang sama, maka kami juga akan melakukan penerimaan bukan saja di semester ganjil tetapi juga di semester genap. Jadi setiap tahun kami selalu membuka dua kali untuk penerimaan mahasiswa. Jadi ini baru di Sultra untuk Pendidikan S-1,” ungkapnya.

ISTEK-AK merupakan perguruan tinggi (PT) baru khususnya milik Aisyiyah. Diberikan SK penyelenggaraan oleh Kemenristek Dikti itu pada 26 Januari 2022. Dimana dari satu Fakultas sains teknologi dan kesehatan ada tiga Program Studi yakni Prodi Kimia, teknologi informasi dan administrasi rumah sakit. "Tahap awal yang mendaftar di kampus ini sebanyak 164 orang dan yang diterima serta melakukan pendaftaran ulang sebanyak 87 orang mahasiswa dengan rincian Prodi teknologi informasi 43 orang, administrasi rumah sakit 27 orang dan kimia 17 orang,” paparnya.

Ia pun berharap, ISTEKAK bisa menjadi salah satu PT yang berada di 10 besar di Sulawesi, 10 besar di LLDIKTI IX, 10 besar nasional, dan bahkan insyaallah berada dan masuk pada kategori terbaik level Asian dan internasional. (rah/b)

  • Bagikan