Warga Laikaaha Dilatih Membuat Briket Arang Biomassa

  • Bagikan

  • Dari Pengabdian, KKN Dosen dan Mahasiswa F.MIPA UHO

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Di tengah harga BBM yang merangkak naik, membuat pihak akademisi untuk menerapkan ilmu yang dimiliki di tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan dosen serta mahasiswa FMIPA UHO, melatih warga Desa Laikaaha,Kecamatan Ranomeeto, Konsel, membuat briket arang biomassa. Program ini dilakukan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat terintegrasi kuliah kerja nyata.

Lina Lestari saat menyerahkan buku panduan kepada Kepala Desa Laikaaha, Muhsini,di Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan.

Kegiatan dengan tema pembuatan briket arang limbah biomassa sebagai sumber energi terbarukan ini, berlangsung selama Bulan Agustus. Masyarakat dilatih membuat briket arang, lantaran di desa tersebut banyak terdapat limbah biomassa (limbah pertanian).

Kepala Desa Laikaaha, Muhsini, berencana akan menerapkan teknologi pembuatan briket sebagai salah satu wirausaha di Desa yang dipimpinnya itu."Ini sbagai bentuk semangat kami menuju Desa Mandiri Energi.Masyarakat bersemangat mengikuti pelatihan ini. Apalagi limbah biomassa di desa kami sangat melimpah," terang Muhsini
Dalam sambutan acara penutupan kegiatan.

Kegiatan ini diikuti mahasiswa yang terdiri dari Program Studi Fisika, Statistika, dan Ilmu Komputer.Mereka mendemokan penggunaan briket arang untuk memasak dan membakar sate. Dalam kesempatan tersebut.Turut hadir, Lina Lestari,S.Pd.,M.Si,sebagai Dosen Pendamping Lapangan, menyerahkan buku dan video Panduan Pembuatan Briket kepada masyarakat Laikaaha. (Lis).

  • Bagikan