Mahasiswa KKN Tematik UHO Gelar Pemkes Gratis

  • Bagikan
Suasana pelaksanaan pemeriksaan kesehatan gratis oleh mahasiswa KKN Tematik UHO, di Desa Puasana, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Saat ini pelaksanaan serentak Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UHO di berbagai lokasi di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah memasuki pekan ke tiga. Berbagai kegiatan pengabdian masyarakat pun intens dilakukan para mahasiswa KKN Tematik, khususnya mereka yang ada di Desa Puasana, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Sebanyak 15 mahasiswa KKN Tematik UHO dari berbagai keilmuwan terlibat dalam beragam kegiatan di desa Puasana. Mereka juga membantu masyarakat melalui Program Pemeriksaan Kesehatan (Pemkes) gratis.

Kegiatan ini diprakarsai dan dilakukan langsung oleh empat mahasiswa kedokteran UHO. Salah satu mahasiswa kedokteran yang ikut andil dalam pemeriksaan tersebut, Mazarina Hidayati Ghoat, mengatakan masyarakat sangat antusias dan menyambut baik kegiatan ini. Mereka bahkan merasa terbantu untuk mengetahui kondisi kesehatannya, terlebih lagi selama ini mereka jarang melakukan medical chek-up. "Sejumlah pemeriksaan kesehatan yang kami lakukan, mulai dari pengukuran Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), serta Tekanan Darah dan Gula Darah, "ujarnya.

Dia melanjutkan, pemeriksaan ini merupakan salah satu langkah awal mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM). “Hasil pemeriksaan tersebut dapat memberikan gambaran terkini kondisi kesehatan seseorang. Termasuk ketika terdapat faktor risiko PTM. Sehingga dapat dilakukan berbagai upaya pencegahan sedini mungkin agar mendapatkan penanganan sesegera mungkin, terhadap gejalah-gejalah awal PTM, " tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Armid mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin terutama untuk mencegah PTM. “Awareness masyarakat, terutama yang tinggal di desa, saat ini kami rasakan masih kurang dalam hal check-up medis. Oleh nya itu kami memberdayakan 4 orang mahasiswa peserta KKN kami dari Fakultas Kedokteran untuk membantu masyarakat Desa Puasana dalam melakukan checkup. Kami berharap bahwa masyarakat sedikit terbantu dari kegiatan ini, lebih-lebih bahwa ini bersifat gratis” pungkas Armid yang juga Wakil Rektor IV UHO itu.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Puasana,Sarwin menyambut gembira salah satu Program KKN Tematik UHO yang digelar di Desanya itu. Dia berharap agar kegiatan ini dapat berlangsung secara frekuentif di lokasinya. “Tentu saja kami sangat dukung. Terlebih kegiatan seperti ini baik bagi masyarakat kami. Kami sangat berterimakasih, karena para mahasiswa KKN tematik UHO di Desa ini, sebab dapat memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat Desa Puasana. Terima kasih pula kepada pihak UHO yang telah menjadikan Desa Puasa sebagai salah satu sasaran lokasi pelaksanaan KKN Tematik UHO tahun ini,” tutupnya. (rah/b)

  • Bagikan