Menteri Sandiaga Kunjungi Air Terjun Moramo

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Air Terjun Moramo Sumber Sari di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno pun meluangkan waktu menjejak objek wisata air terjun Moramo di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo. Menteri Sandiaga Uno didampingi Bupati Konsel Surunuddin Dangga, Jumat (26/8), kemarin.

Menteri Sandiaga meminta kendala koneksi telekomunikasi di wilayah itu segera dibenahi untuk promosi di ruang digital. "Saya ingin sebelum momen penganugerahan nanti di Jakarta, sudah ada solusinya," ujarnya.
Bupati Konsel Surunuddin Dangga siap memfasilitasi. "Terima kasih Pak Menteri Sandiaga yang sudah berkunjung dan mendorong pertumbuhan wisata di Konsel," ungkapnya.

Desa Wisata Air Terjun Moramo Butuh Penguatan Jaringan
-Menteri dan Bupati Bersama Berikan Solusi

Masuknya Air Terjun Moramo Sumber Sari di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, merupakan capaian yang luar biasa. Kendati demikian, ada masalah yang tak boleh luput dari perhatian. Desa wisata yang identik dengan air terjunnya itu mengalami masalah pada jaringan komunikasi, utamanya internet. Ketua Pokdarwis Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Ipa Sapari Suryadin, mengakui, satu kendala terberat dalam mengembangkan pariwisata di wilayah itu adalah koneksi telekomunikasi. Ia menyebut, dalam mengembangkan wisata, pihaknya melakukan promosi di ruang digital. Untuk mempromosikan itu, cukup sulit karena terkendala pada kekuatan jaringan internet.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) didampingi Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat berkunjung ke Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Jumat (26/8).

"Kalau mau mempromosikan pariwisata di berbagai media sosial, kami harus keluar wilayah dulu, cari tempat yang bagus signalnya. Mohon bantuan Pak Menteri agar masalah ini bisa mendapatkan solusi," pintanya saat menyambut kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Jumat (26/8). Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga serta jajarannya dan Forkopimda lingkup Konsel, Kadis Pariwisata Sultra, Belli Harli Tombili, dewan juri ADWI 2022, Kepala Desa Sumber Sari, serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Ipa Sapari mengungkapkan, selama ini Pemkab Konsel berperan sangat penting dalam mengembangkan potensi wisata di Desa Sumber Sari. Telah membantu sarana dan prasarana, serta peningkatan sumber daya manusia. "Capaian 50 besar ADWI 2022 tak lepas dari campur tangan Pemkab Konsel dibawah kepemimpinan bapak Bupati, H. Surunuddin Dangga. Ditambah lagi dukungan stakeholder terkait. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih pada seluruh pihak yang telah mendukung selama ini," sambungnya.

Lebih lanjut Ipa memaparkan, Desa Wisata Sumber Sari memiliki daya tarik pengunjung. Memiliki air terjun bertingkat setinggi seratus meter dengan undakan sebanyak 108 buah. "Jadi untuk sampai di air terjunnya, kita tracking sepanjang 1.200 meter. Sepanjang tracking kita disuguhkan keindahan alam yang luar biasa," ujarnya. Selain itu, terdapat pula agrowisata dan seni budaya yang beragam dari sejumlah etnis yang ada di Indonesia. Mulai dari budaya Tolaki, Jawa, Bali, Bugis yang telah menyatu dalam toleransi. "Kami juga mengembangkan unit usaha homestay dan UMKM, menjajakan souvenir serta kuliner yang diproduksi di sini. Nah ini yang juga kita promosikan di sosial media," sebutnya.

Menparekraf, Sandiaga Uno, menanggapi baik hal tersebut. Terkait masalah jaringan, Sandiaga siap memberikan solusi. Pihaknya akan berkoordinasi dengan penyedia dari PT Tower Bersama Infrastructure (TBIG) dan pihak provider. "Tidak pakai lama, tidak pakai ribet, tidak pakai mumet, kita bakal segera menuntaskan masalah ini. Saya ingin sebelum momen penganugerahan nanti di Jakarta karena kita akan mengundang perwakilan masing-masing desa wisata, saya ingin sudah ada solusinya," janji Sandiaga Salahuddin Uno.

Ia juga meminta Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga memfasilitasi hal itu, karena jaringan di luar sudah ada, tinggal beberapa titik titik yang perlu diberikan penguatan. "Saya menginstruksikan langsung tim agar segera memberikan solusi. Di luar sudah ada, tinggal beberapa titik penguatan. Mohon bapak bupati difasilitasi," pintanya. Lebih lanjut, Sandiaga Uno menilai Desata Air Terjun Moramo Sumber Sari memiliki paket wisata yang sangat lengkap. Ia takjub melihat betapa indah pemandangan dan suara alam yang begitu menenangkan. Sandiaga menyebut dahsyatnya keindahan alam Air Terjun Moramo bisa jadi sumber pariwisata, ditambah semangat warga yang mampu memanfaatkan atraksi budayanya hingga layak masuk dalam 50 besar ADWI 2022.

"Saya melihat langsung desa yang bakal jadi kontributor, menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta sampai 2024. Kemenparekraf akan selalu membantu melalui program-program konkret demi kemajuan desa. Saya yakin Desa Wisata Air Terjun Moramo ini bisa menjadi destinasi unggulan dan motivasi bagi desa lainnya. Terus tingkatkan kreativitas dan potensi daerah demi membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia," tekannya.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, menyatakan komitmennya dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan. Masalah jaringan, Konsel-1 itu mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti). Artinya, Pemkab Konsel telah mengusulkan agar segera mendapatkan dukungan. "Namun dengan penguatan yang ditawarkan Kemenparekraf, artinya masalah ini semakin dekat dengan solusinya. Terima kasih Pak Menteri, Sandiaga Salahuddin Uno karena berkunjung langsung ke wisata kami dan memberi dukungan serta berkontribusi banyak mendorong pertumbuhan wisata di Konawe Selatan," ungkapnya. (ndi)

  • Bagikan

Exit mobile version