Garuda Klaim Ada Peningkatan Ekspor Kepiting ke Singapura

  • Bagikan
General Manager (GM) PT Garuda Indonesia Tbk Cabang Kendari, Syaiful Bahri.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Garuda Indonesia Cabang Kendari kini secara rutin telah melayani pengiriman cargo menuju penerbangan internasional dari berbagai jenis komoditas unggulan yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Bahkan, Garuda Indonesia sangat rutin melakukan pengiriman komoditas kepiting melalui Cargo Garuda yang diekspor ke Singapura.

General Manager Garuda Indonesia cabang Kendari, Syaiful Bahri mengungkapkan, terkait ekspor di Sultra awalnya hanya satu pemain ekspor, namun kini terus berkembang menjadi tiga pemain ekspor yang mengirimkan melalui Cargo Garuda. "Tujuan ekspor memang masih ke Singapura, dengan produk yang diekspor kebanyakan kepiting bakau dan komoditi lainnya masih dikirim ke domestik," kata Syaiful, kemarin (26/8).

Dia menjelaskan, untuk tingkat isian Cargo ratarata per minggu yaitu 4,5 hingga 5 ton. Ada peningkatan jika dibandingkan dengan yang sebelumnya yaitu 2,5 hingga 3 ton per pekan untuk ekspor. "Jadi, sudah ada peningkatan isian atau volume ekspor melalui Garuda. Terutama komoditi kepiting juga mengalami peningkatan. Kemudian kendala kebanyakan juga dokumen mereka belum lengkap masih lewat Surabaya dan Bali untuk tujuan ekspor ke Singapura. Olehnya itu, tidak langsung dari Kendari langsung ekspor ke Singapura, namun bisa lewat perizinan di Surabaya atau Bali," jelasnya.

Untuk pengawasan ekspor, kata dia sudah ada standar dan melakukan komunikasi dengan bayer luar negeri agar produk tersebut sampai ke tujuan tetap fresh. Untuk kepiting melalui Garuda Kendari dilakukan sebanyak tiga kali seminggu. Dan pengirimannya berbagai jenis komoditas unggulan yang ada di Sultra. "Rata-rata sekali pengiriman ke Singapura sebelumnya dari 200 hingga 350 kg. Meningkat menjadi 500 hingga 800 kg sekali pengiriman. Meskipun intensitas pengiriman tidak setiap hari, namun komoditas tersebut menjadi komoditas unggulan yang diminati negara tetangga," ucapnya.

Dia menambahkan, terkait peningkatan ekspor di Sultra, khususnya melalui Garuda Indonesia untuk pengiriman ekspor dari Sultra via udara masih sedikit, namun terus terjadi peningkatan ekspor via udara yang sangat signifikan. "Garuda akan selalu menginformasikan dan menyediakan konektivitas rute-rute yang nyaman untuk pengiriman cargo agar barang cargo segera diterima oleh pemesan," pungkasnya. (rah/b)

  • Bagikan

Exit mobile version