Rancang Strategi Transportasi Darat yang Aman

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Perhubungan Sultra merancang strategi guna mewujudkan transportasi aman, nyaman, selamat dan humanis, sesuai peraturan perundang-undangan. Karena itu, lembaga yang dipimpin Muh. Rajulan menggelar rapat koordinasi teknis (Rakornis) perhubungan darat se-Sultra di Hotel Sutan Raja Kolaka, kemarin.

Sekretaris Dinas Perhubungan Sultra, Laode Fasikin, menyatakan Rakornis yang diikuti 100 peserta dari Dinas Perhubungan dan instansi terkait adalah puncak bagian panjang perjalanan Dishub di sektor transportasi darat. Dengan begitu, penyelenggaraan transportasi yang selama ini berjalan sendiri-sendiri bisa bersatu dan berjalan sinergi antara pemerintah kabupaten/kota, provinsi dan pemerintah pusat.

Ia berharap kegiatan ini menciptakan kesepahaman dalam mendorong penyelenggaraan transportasi yang aman, nyaman, selamat, humanis dan mengacu peraturan berlaku terutama dalam pelaksanaan penegakan hukum (Gakum) transportasi darat antara Dinas Perhubungan Provinsi dan Dinas Perhubungan kabupaten/kota se-Sultra.

"Kegiatan ini mendorong peningkatan kerjasama, koordinasi dan sinergitas antara instansi Dinas Perhubungan di Sultra. Rakornis ketiga ini berbeda dengan Rakornis tahun sebelumnya. Selain menghadirkan pembicara untuk penyajian materi, juga diikuti dengan Focus Group Discussion (FGD) yang memberi kesempatan mengeluarkan permasalahan, ide atau gagasan dari Dinas Perhubungan kabupaten/kota dalam memandang penyelenggaraan transportasi terutama di sektor transportasi darat," ungkapnya.

Ia menambahkan pengelolaan terminal penumpang Tipe B perlu diaktifkan kembali dengan pola kerjasama antara Dinas Perhubungan Sultra dengan Dinas Perhubungan kabupaten/kota se- Bumi Anoa. (jib/b)

  • Bagikan