Pendidikan Vokasi UHO Siap Buka Sarjana Terapan (D4)

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Program Pendidikan Vokasi Universitas Halu Oleo (UHO) tengah menyusun dokumen penunjang bagi program studi (Prodi) yang akan re-akreditasi tahun 2022. Tak hanya itu, Program Pendidikan Vokasi UHO dalam waktu dekat akan menyusun dokumen untuk program alih kredit ke Sarjana Terapan (D4).

Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Program Pendidikan Vokasi, Dr. Try Sugiyarto Soeparyanto, ST., MT., mengatakan bahwa dalam waktu dekat ada beberapa prodi yang harus melakukan re-akreditasi karena waktunya menjelang expired. "Kita lagi proses penyusunan dokumen khususnya untuk Prodi D3 Teknik Elektronika, Prodi D3 Teknik Arsitektur dan Prodi D3 Teknik Mesin yang akan re-akreditasi tahun ini. Jadi, kita tengah mempersiapkan itu," katanya, kemarin.

Dia menjelaskan, akreditasi ini merupakan proses untuk memotret skala unggul, baik sekali dan baik dalam pembelajaran prodi atau akademik. "Secara umum, untuk keselurun prodi-prodi Program Pendidikan Vokasi sudah terakreditasi baik sekali. Sehingga, tahun ini kita berharap agar tetap mempertahankan itu. Namun, ada beberapa prodi khusus yang kita persiapkan untuk mencoba naik level ke unggul," paparnya.

Lanjut dia, dalam upaya mencapai unggul ada beberapa konsep yang diterapkan. Karena di Pendidikan Vokasi yang menjadi perhatian utama yakni kurikulum berbasis industri.

"Jadi, kurikulum bukan hanya di susun oleh dosen atau sivitas akademik tetapi oleh pengguna lulusan. Dalam hal ini dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja. Kurikulum yang sudah di susun tentunya akan melahirkan alumni atau output yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain kurikulum, kita juga mewajibkan seluruh prodi untuk mengadopsi dosen industri. Kita juga berupaya menerapkan pendekatan bahwa mahasiswa outputnya berbasis projek," tambahnya.

Mantan Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Program Pendidikan Vokasi UHO itu menambahkan, pihaknya juga akan segera membuka sarjana terapan (D4) di tahun 2023.

"Dua minggu lalu, kita sudah mendapatkan persetujuan oleh dalam rapat senat. Dimana Pendidikan Vokasi akan melakukan alih kredit dari jenjang Diploma 3 (D3) ke Sarjana Terapan (D4). Dalam waktu dekat kita akan mempersiapkan dokumen-dokumennya. Karena dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi sudah membuka prodi-prodi yang ingin melakukan al ih kredi t dar i diploma ke sarjana terapan. Kesempatan ini yang kami gunakan,"

  • Bagikan