IP Menurun, Beasiswa tak Diterima

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahap penyaringan penerima beasiswa prestasi tingkat mahasiswa sudah akan memasuki pengumuman dan akan disampaikan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi.

Panitia Tim Merdeka Belajar Pendidikan Sentosa telah menentukan sejumlah persyaratan hingga nilai yang harus dipenuhi oleh pendaftar.

Sekretaris Tim Merdeka Belajar Pendidikan Sentosa pada Dikbud Wakatobi, Nurmasi, menjelaskan, tak ada jaminan jika mahasiswa penerima beasiswa tahun ini akan mendapatkan bantuan serupa pada 2023 mendatang.

Sebab ke depan, yang bersangkutan setidaknya harus memertahankan nilai indeks prestasi (IP), bahkan lebih ditingkatkan.

“Itu sudah pasti. Kalau tahun ini mahasiswa tersebut berhasil meraih IP sesuai dengan syarat program dan lulus maka harus dipertahankan atau ditingkatkan. Karena salah satu penilaiannya adalah IP,“ ujar Nurmasi, Rabu (24/8).

Jika terjadi penurunan IP dan tak memenuhi syarat maka hampir dipastikan tidak akan menerima beasiswa. Itu menandakan, mahasiswa harus berupaya lebih giat lagi dalam belajar agar memertahankan dan meningkatkan nilai-nilai mata kuliah masing-masing.

“Karena seperti kita ketahui, yang mendaftar itu banyak. Artinya akan ada saingan. Jadi harus dipertahankan nilainya. Apalagi kan anggarannya juga terbatas, tentu tidak semua yang mendaftar akan menerima beasiswa ini,” tambahnya.

Untuk diketahui, tahun ini melalui Bagian Kesra, Sekretariat Kabupaten (Setkab) telah menganggarkan sebesar Rp 2 miliar beasiswa untuk mahasiswa D3, S1, S2 hingga S3.

Sementara untuk tahun 2022 ini lebih 1.000 orang telah mendaftar di Dikbud Wakatobi untuk diverifikasi berkasnya agar lolos sebagai penerima bantuan pendidikan tersebut. (c/thy)

  • Bagikan

Exit mobile version