Hari Ini, Gubernur Lantik Tiga Pj.Bupati

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dua hari lalu, Kabupaten Bombana dan Kolaka Utara dinakhodai pelaksana harian (Plh) bupati. Masa jabatan bupati di dua daerah itu berakhir 22 Agustus. Hari ini, giliran Bupati Buton La Bakry purna bakti. Tiga daerah itu akan dikendalikan pejabat berstatus Penjabat (Pj) Bupati.

Informasi yang dihimpun Kendari Pos, Tiga Pj.Bupati yang akan dilantik Gubernur Sultra Ali Mazi hari ini adalah Pj.Bupati Kolaka Utara (Kolut) Parinringi, Pj.Bupati Bombana Burhanuddin dan Pj.Bupati Buton Basiran. Seremoni pelantikan tiga Pj.Bupati diagendakan digelar di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Rabu (24/8) sekira pukul 14.00 Wita. Undangan pelantikan yang ditandatangani Gubernur Ali Mazi tertanggal 19 Agustus sudah beredar. Sore kemarin, Parinringi, Burhanuddin dan Basiran mengikuti gladi resik pelantikan.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan akan melantik tiga Pj.Bupati secara bersamaan hari ini, 24 Agustus. Pelantikan itu berdasarkan hasil penetapan Kemendagri. "Kita akan lantik bersamaan," ujarnya.
Soal nama-nama Pj.Bupati yang akan dilantik, Gubernur Ali Mazi enggan menyebut

Ditemui terpisah, Pj.Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio memastikan akan ada agenda pelantikan Pj.Bupati Kolut, Bombana dan Buton. "In Sya Allah, besok 24 Agustus (hari ini,red) akan dilakukan pelantikan serentak tiga Pj.Bupati yaitu Buton, Kolut dan Bombana," kata Asrun Lio Kendari Pos, Selasa (23/8), kemarin.

Meski telah menyampaikan informasi soal pelantikan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra ini enggan membeberkan nama Pj Bupati yang akan dilantik. "Nanti besok disampaikan," kata Asrun Lio.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi daerah (Otda) Setda Provinsi Sultra, Muliadi sudah memastikan kesiapan teknis pelantikan. "Ini sementara kita sebar undangannya. Rencananya pelantikan akan dilaksanakan di aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra," ujarnya saat dikonfirmasi Kendari Pos, kemarin.

Sama halnya Gubernur Ali Mazi dan Pj.Sekda Sultra Asrun Lio, Kepala Biro Pemerintahan Muliadi pun enggan menyebut ketiga nama Pj.Bupati yang akan dilantik. "Sebentar saya hubungi balik ya. Masih sibuk urus undangan ini," ungkapnya.

Salah seorang pejabat Eselon II Pemprov Sultra yang disebut-sebut calon Pj.Bupati Buton Basiran mengakui ada agenda pelantikan Pj.Bupati. "Iya besok di aula Bahteramas menurut informasi dari Karo Pemerintahan, " ujar Kepala BPKAD Sultra itu, kemarin.

Pejabat lainnya yang juga namanya disebut sebagai Pj.Bupati Bombana, Burhanuddin mengaku tidak ingin mendahului wewenang gubernur. Hanya saja, dirinya siap menjalankan amanah yang diberikan oleh pimpinan.

"Sebenarnya belum ranah saya untuk mengomentari ini, tapi kalau kita sudah diberikan amanah, sebagai ASN kita harus selalu siap dimanapun kita ditugaskan oleh pimpinan," ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Binamarga Pemprov Sultra itu.

Untuk diketahui, tiga kepala daerah di Sultra berakhir masa jabatannya pada Agustus ini. Bupati Kolut Nur Rahman Umar dan Bupati Bombana Tafdil purna tugas 22 Agustus. Lalu, Bupati Buton La Bakry berakhir 24 Agustus, hari ini. Khusus Kabupaten Kolaka Utara dan Bombana yang masa jabatan bupatinya berakhir 22 Agustus dikendalikan Sekda masing-masing daerah sebagai Plh.Bupati. (ags/kam/b)

Pengendali Daerah

NAMA PJ.BUPATI

1.PARINRINGI
PJ.BUPATI KOLAKA UTARA

2.BURHANUDDIN
PJ.BUPATI BOMBANA

3.BASIRAN
PJ.BUPATI BUTON

  • Bagikan