Struktur Dasar RSUD Tipe D Dikerja

  • Bagikan
Aswido

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D menunjukan tren positif. Pengerjaan struktur bawah gedung kini on progres. Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Pemanfaatan Ruang (PUPR) Kota Kendari, Aswido mengatakan, pembangunan struktur bawah gedung tengah diselesaikan. Pengerjaannya meliputi pembangunan fondasi, pembangunan dinding penahan tanah, uruk tanah (pemadatan tanah kembali) dan gedung-gedung penunjang lainya.

"Sementara dikerja adalah dinding penahan tanah antara kawasan RS dan pemukiman warga," ungkapnya. Proses pembangunan struktur bawah bangunan, kata dia, harus dengan perhitungan yang mantap agar kokoh, padat dan kuat. Dengan begitu, bisa menjamin kestabilan bangunan sehingga bisa menopang bangunan termasuk bisa tahan tekanan dari luar seperti angin, gempa bumi dan lainnya.

Selama pengerjaan RS lanjutnya, tidak mendapat kendala apapun. Dengan waktu yang kurang dari lima bulan, Aswido optimis RSUD tipe D bisa selesai tepat waktu. Sesuai kontrak, 1 Desember mendatang sudah rampung. "Pengerjaannya akan kita kebut dan akan rampung sebelum Desember. Makanya, kami akan terus percepat pembangunannya," jelasnnya.

Ia menambahkan, pengerjaan infrastruktur pendukung RSUD, seperti jalan, area parkir dan ruang terbuka hijau (RTH) dan fasilitas kesehatan, seperti ruang unit gawat darurat, rawat inap, perawatan ICU, kebidanan dan penyakit kandungan, ruang poli, tindakan bedah dan operasi, farmasi, radiologi, sterilisasi, laboratorium klinik dan rehabilitas medis bisa selesai secepatnya. Sehingga bisa segera dirasakan masyarakat. (win/b).

  • Bagikan