Stimulasi Bakat dan Percaya Diri Anak

  • Bagikan
Sulkarnain Kadir

--Pemkot-Kendari Pos Gelar Lomba dalam Semarak Kemerdekaan RI

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemkot Kendari dan koran Harian Kendari Pos punya cara tersendiri mengisi HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022. Dua lembaga itu menggelar lomba yang kontennya sarat nilai edukasi. Lomba itu sekaligus menstimulasi bakat, kreativitas dan rasa percaya diri anak. Kegiatan bertajuk Semarak Kemerdekaan RI itu digelar hari ini, Selasa (28/8) di Aula Graha Pena Kendari Pos.

Anak-anak akan berkompetisi dalam tiga kategori lomba sesuai jenjang satuan pendidikannya. Lomba mewarnai untuk murid TK, lomba menyanyi solo bagi murid SD, dan lomba bercerita yang diikuti pelajar SMP.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi pelaksanaan lomba dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI itu. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif karena bisa menjadi ajang unjuk bakat antarpelajar di Kota Kendari.

"Dua tahun terakhir anak-anak kita hanya bisa belajar dari rumah. Lomba ini menjadi momen bagi mereka untuk menampilkan minat dan bakatnya. Dengan begitu, bisa melatih rasa percaya diri mereka bahwa pelajar Kota Kendari bisa berkarya," kata Wali Kota Sulkarnain kepada Kendari Pos, Senin (22/8), kemarin.

Di sisi lain, pelaksanaan lomba ini diharapkan bisa menjadi ajang untuk mengedukasi pelajar untuk selalu menghayati dan mengingat perjuangan para pahlawan yang merebut kemerdekaan sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi sebuah bangsa yang berdaulat dan merdeka.

"Mudah-mudahan anak-anak kita bisa menghayati semangat para pejuang kita yang telah merebut kemerdekaan. Semangat ini diturunkan kepada pelajar agar mereka semangat dalam mencapai cita-citanya," ujar Wali Kota Sulkarnain.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan kegiatan tersebut sangat positif untuk mengasah bakat dan kreativitas peserta didik di Kota Kendari. "Ini (lomba) jadi momentum bagi peserta didik untuk mempersembahkan penampilan terbaiknya sekaligus menjadi ajang untuk melatih dan mengasah bakat anak sehingga mereka bisa semakin kreatif dan cakap dalam menatap masa depannya," ujarnya.

Sekda Ridwansyah Taridala berharap anak-anak akan tumbuh dan berkembang menjadi generasi cerdas dan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Untuk menyukseskan kegiatan itu, pihaknya menghadirkan dewan juri dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, Kantor Bahasa, serta perwakilan Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra. (ags/b)

  • Bagikan