Mahasiswa UHO Edukasi PHBS Siswa SD di Konsel

  • Bagikan
Mahasiswa KKN Tematik UHO saat pose bersama para siswa SDN 011 Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) usai sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Mahasiswa Universitas Halu Oleh (UHO) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik mengedukasi para siswa dan siswi SDN 011 Konda, kabupaten Konawe Selatan (Konsel) untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tentunya hal ini menjadi penting dalam pelaksanaan KKN Tematik di Desa Cialam Jaya, sebab PHBS akan menjadi karakter baik para siswa kedepan bila terus diedukasi.

Kordinator Desa dari pelaksanaan Program kerja Kegiatan sosialisasi PHBS, Wa Ode ista mengatakan dalam kegiatan yang dilakukan mahasiswa UHO ini, disambut hangat oleh para siswa-siswi kelas 1 sampai 2 Sekolah Dasar. Terlebih ini dianggap penting dalam pemulihan kebiasaan buruk siswa-siswi guna menciptakan generasi yang sadar tentang perilaku hidup bersih dan sehat. "PHBS merupakan salah satu program kerja ke dua dari kegiatan KKN Desa Cialam Jaya yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyrakat khususnya dalam aspek pendidikan seolah dasar, karena pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat harus sudah dimulai sejak usia dini, "ujarnya.

Dia menambahkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkungan sekolah tentu sangatlah penting untuk terus ditingkatkan. “Banyak sekali PHBS yang mesti dilakukan di sekolah seperti memakai masker, mencuci tangan yang baik dan benar sebelum atau sesudah makan, jangan jajan sembarangan, tidak membuang sampah sebarangan dan sebagainya,“ jelasnya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas 2 SDN 11 Konda, Sinta mengaku sangat senang bisa belajar banyak tentang PHBS. Ia juga senang bisa berinteraksi dan berkebalan dengan Mahasiswa/i KKN Tematik Desa Cialam Jaya . “Saya sangat senang bisa ketemu dan berkenalan dengan kaka-kaka Mahasiswa KKN, saya juga banyak mendapat pemahaman tentang PHBS ini. Semoga ilmu yang saya dapatkan bisa selalu saya terapkan di dalam kehidupan seharihari,” kata Sinta.

Sebagai informasi, perilaku hidup bersih dan sehat perlu diterapkan sejak usia dini. Salahbsatu target utama untuk meningkatkan PHBS yaitu dilingkungan sekolah. Oleh karena itu sosialisasi PHBS di SDN 011 Konda merupakan sasaran yang tepat dan perlu dilakukan sosialisasi lebih lanjut di sekolah lainnya. (rah/b)

  • Bagikan