Rektor IAIN Dorong Dosen Berkarya Melalui Buku

  • Bagikan
Profesor Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd Rektor IAIN Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari terus mendukung dan mendorong para dosen untuk berkarya dan menuangkan hasil risetnya dalam bentuk buku. Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., mengatakan bahwa buku menjadi salah satu bagian dari penopang pemikiran dan analisis para akademisi di lingkungan pendidikan serta ikut memperluas khasanah ilmu pengetahuan masyarakat secara umum. "Buku akan menjadi karya yang abadi sepanjang masa, apalagi jika berhasil dipublikasikan oleh penerbit nasional maupun internasioanal.

Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua untuk meluangkan waktu menulis buku sesuai bidang ilmu yang kita tekuni. Ini juga akan menunjang karir kita sebagai dosen sekaligus bentuk aktualisasi diri yang sangat positif," ungkap Rektor IAIN Kendari, kemarin.

Kepala LPPM IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd mengatakan, pihaknya telah menyiapkan penerbitan buku bagi dosen. Program ini sebagai bantuk dukungan dan motivasi terhadap dosen dalam menulis baik dalam bentuk buku referensi maupun buku ajar. "Selain concren terhadap kegiatan penelitian, kami juga perlu meningkatkan ghirah dosen untuk menghasilkan buku rujukan bagi para akademisi dan mahasiswa. Kami sudah menyiapkan wadah penerbitannya melalui Sultan Qaimuddin Press," jelasnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan membuka seleksi penerbitan buku yang akan dikelola oleh Sultan Qaimuddin Press. Sebelumnya, Sultan Qaimuddin Press telah menerbitkan lebih dari 156 buku karya dosen dan mahasiswa. Sebagian besar buku-buku tersebut merupakan hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan sepanjang tahun 2022- 2021. (deh/b)

  • Bagikan

Exit mobile version