Sabulakoa Terbaik dalam Kinerja Pemerintah Kecamatan

  • Bagikan
Pj Sekretaris Kabupaten Konsel, Hj. St. Chadidjah (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Camat Sabulakoa, Rahmat Saleh (kanan) di pendopo Rujab bupati, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Setiap tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) terus melakukan evaluasi terhadap kinerja pelayanan birokratnya di wilayah kecamatan. Formatnya dalam bentuk kompetisi, untuk memastikan tata kelola Pemerintah Kecamatan dan pelayanan kepada masyarakat berjalan maksimal. Hal tersebut diungkapkan Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga melalui Asisten I Sekretariat Kabupaten (Setkab), Amran Aras. Ia mengaku, lomba pada tahun ini, telah tuntas. Peringkat pertama diraih Kecamatan Sabulakoa, kemudian Angata pada urutan kedua dan Tinanggea, ketiga. Hasil tersebut merupakan akumulasi penilaian oleh tim lomba pada 25 kecamatan yang ada di daerah itu.

"Ada beberapa kriteria yang menonjol dalam penilaian lomba, seperti progres pembangunan yang terus meningkat. Khususnya sarana pemerintahan. Sudah punya balai sendiri dan sanggar PKK tersendiri. Lalu koordinasi, integrasi dan sinkronisasi yang baik dengan jajaran Forkopimcam," ungkap Amran Aras, Kamis (18/8). Keberhasilan Kecamatan Sabulakoa menjadi juara pertama menurutnya, dilihat dari aspek pelayanan administrasi pemerintahan dengan inovasi Paten. "Yakni pelayanan terpadu administrasi serta inovasi penagihan PBB. Pengelolaan administrasi pemerintahan, baik pertanahan, umum dan aset yang baik," jelasnya.

Selain itu, Kecamatan Sabulakoa memiliki kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat. Diantaranya peningkatan ekonomi masyarakat dan usaha ekonomi kreatif. Partisipasi masyarakat dalam berbagai program, pelestarian budaya, serta pembinaan olahraga juga cukup baik. "Ditunjang sisi kebersihan, sanggar PKK yang aktif, kinerja pemerintahan bersinergi, dan Kamtibmas terjaga," tandas Amran Aras. (c/ndi)

  • Bagikan