Semarak Hari Kemerdekaan di Labungkari

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) begitu terasa di Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Ragam event sukses digelar. Penjabat (Pj) Bupati Buteng, Muh. Yusup mengatakan, peringatan kemerdekaan adalah momentum meningkatkan pembangunan daerah.

Selain pembangunan fisik, pembangunan ekonomi dan sumber daya manusia juga menjadi fokus utama.

“Bahwa merdeka itu adalah masyarakat yang sehat, merdeka itu masyarakat yang cerdas, merdeka itu masyarakat yang berdaya, merdeka itu masyarakat yang aman dan sejahtera,” ujar Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup.

Upacara kemerdekaan di Buteng kali ini dipusatkan di calon kawasan perkantoran, Labungkari. Muhammad Yusup memilih lokasi tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, hal itu sebagai wujud keseriusan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan daerah. "Di tempat inilah akan dibangun perkantoran. Kita isi kemerdekaan ini salah satunya dengan melakukan pembangunan. Saya akan memperlihatkan kepada masyarakat keseriusan Pemda dalam melakukan pembangunan. Bahwa kita sudah melakukan apa yang menjadi keinginan masyarakat selama ini,” imbuhnya.

Dijelaskan, HUT kemerdekaan tahun ini bertajuk “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” akan menjadi penyemangat dalam melakukan kerja-kerja nyata di daerah. Indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi, sangat berat dirasakan oleh rakyat indonesia di seluruh penjuru tanah air. Namun, di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan untuk hidup yang lebih baik.

“Kita isi kemerdekaan dengan melakukan pembangunan untuk menyejahterakan masyarakat. Konsep saya adalah pemberdayaan masyarakat dengan sektor pariwisata, perdagangan, koperasi, perikanan, dan pariwisata. Ini yang kita dorong. Bukan hanya pembangunan fisik melainkan pembangunan manusia juga,” kata kepala BPBD Sultra itu.

Ia mengajak seluruh masyarakat berperan dan tanggung jawab dalam membangun ketangguhan diri dan kemajuan pribadinya. Dengan melakukan hal-hal yang baik, membangun wilayah sekitarnya, serta ikut ambil bagian dalam pembangunan daerah, ia optimistis Buteng semakin maju di segala sektor dan segala bidang pada saat ini maupun di masa depan.

Salah satu langkah nyata yang harus dilakukan oleh seluruh komponen adalah mendukung berbagai program nasional, provinsi, hingga kabupaten dan menjaga stabilitas keamanan daerah serta merawat empat pilar bangsa Indonesia, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang-undang Dasar 1945 dan NKRI. (uli/adv)

Semangat Kemerdekaan di Jalan Protokol

Semangat kemerdekaan sudah terasa di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) beberapa hari sebelum puncak peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia. Antusias warga Negeri Pancana dapat dilihat dari semangat mereka meramaikan berbagai event yang diselenggarakan pemerintah setempat.

15 Agustus 2022, masyarakat Buteng tumpah di jalan poros ibu kota untuk menyaksikan lomba gerak jalan indah. Lomba gerak jalan di Kecamatan Lakudo disaksikan langsung oleh Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup di panggung penghormatan Rumah Jabatan Bupati. Ia didampingi jajarannya.

Sepanjang kegiatan, para pejabat itu berkali-kali bersorak dan bertepuk tangan saat menyaksikan berbagai variasi barisan yang disuguhkan peserta.

"Pelaksanaan gerak jalan indah memiliki tujuan positif yaitu untuk menanamkan partiotisme dan nasionalisme kepada anak-anak kita. Mereka masa depan bangsa dan tentunya mereka yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di Buteng nantinya,” ujarnya.

Muhammad Yusup merasa bersyukur HUT RI, kali ini bisa dilaksanakan dengan penuh suka cita. Pasalnya, dua tahun belakangan, euforia kemerdekaan tak begitu terasa akibat gempuran pandemi. Selain sebagai hiburan untuk masyarakat, ragam lomba yang diselenggarakan juga memiliki berbagai tujuan positif. Di antaranya, memupuk nasionalisme, meningkatkan kekompakan, serta menggalang persatuan dan kesatuan warga Buteng. (uli/adv)

Apresiasi Pasukan Pengibar Bendera

Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih sukses menjalankan tugasnya saat upacara peringatan HUT ke 77 RI di Buteng. Merah putih berkibar di Labungkari. Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup akan memberikan penghargaan yang layak kepada Paskibra.

“Kita akan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para Paskibra. Bisa berbentuk materi dan lainnya. Saya melihat mereka betul-betul mendalami dan menjiwai apa yang mereka lakukan. Saya katakan, sempurna. Bagi pelatih-pelatih, saya berpesan untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak kita nanti dengan jauh lebih baik,” ujarnya.

Muhammad Yusup menyebut, Paskibra yang tampil kemarin merupakan putra putri terbaik Buteng. Mereka telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui. Keberadaan mereka di puncak HUT RI merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi diri sendiri, orang tua, dan keluarga.

Di samping itu, mereka adalah Paskibra pertama yang melaksanakan tugas mulia di lokasi perkantoran Pemkab Buteng. (uli/adv)

  • Bagikan