Walikota Gagas Kolam Retensi Kali Kadia

  • Bagikan

-Lokasi Pembangunan di Kawasan Hulu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Selain Kali Wanggu, aliran Kali Kadia menjadi salah satu penyebab banjir di Kota Kendari. Apalagi di saat musim hujan yang bertepatan dengan pasang air laut Teluk Kendari. Untuk mereduksi banjir, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menggagas pembangunan kolam retensi Kali Kadia.

Bagi Sulkarnain, pembangunan kolam retensi Kali Kadia sangat penting untuk mencegah genangan banjir di sepanjang bantaran kali di Kecamatan Kadia.

Ia mengakui Kali Kadia sudah tidak mampu menampung debit air ketika musim penghujan tiba. Potensi banjir semakin berpeluang terjadi ketika bertepatan dengan pasang air laut Teluk Kendari.

Sebagai bentuk pencegahan, pihaknya telah melaksanaan penataan sungai mulai dari hilir. Saat ini, tengah dilakukan penataran bantaran sungai di sepanjang jalan Antero Hamra Kelurahan Bende. "Penataannnya masih sementara berlangsung," ungkap Sulkarnain Kadir, Minggu (14/8)

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengaku telah mengisntruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Pemanfaatkan Ruang (PUPR) serta Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk mencari lokasi yang tepat untuk pembangunan kolam retensi Kali Kadia.

"Untuk merealisasikan, kami mohon warga setempat membantu. Kalau ada kawasan minimal 1 hektar untuk kita bangun kolam retensi yang skala kecil. Saya kira 1 hektar itu cukup, tapi kalau bisa lebih dari itu lebih bagus lagi supaya persiapan untuk jangka panjang," ungkap Sulkarnain Kadir.

Ia menyakini hadirnya kolam retensi kali kadia akan mencegah terjadinya banjir di kawasan tersebut. Pasalnya, belajar dari pengalaman membangun kolam retensi sungai wanggu, kini warga di Kelurahan Lepo-lepo sudah tidak merasakan banjir meskipun diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan bertepatan dengan pasang air laut.

"Kita ingin di kali kadia ini demikian. Makanya saat ini kami cari (lahan) di wilayah hulu (Kali Kadia), supaya nanti ketika hujan bersamaan pasangnnya air di Teluk Kendari nanti bisa ditampung di kolam retensi. Pembangunan kolam retensi ini juga untuk menyambung program yang sudah dijalankan (penataan kali kadia)," pungkasnya. (b/ags)

Kolam Retensi Kali Kadia
-Minimal Luas Lahan 1 Hektar
-Lebih Luas Lebih Baik (Persiapan Jangka Panjang)
-Lokasinya di Wilayah Hulu
-Cegah Banjir di Musim Penghujanan atau Pasang Laut
-Dinas PUPR dan Bappeda Mulai Cari Lokasi
-Sejalan dengan Penataan Bantaran Kali Kadia
-Efektif Mereduksi Potensi Banjir Sebagaimana Kali Wanggu

  • Bagikan

Exit mobile version