Puskemas Mokupa Layani Warga Perbatasan Koltim-Konsel

  • Bagikan
Pj Bupati Koltim Sulwan Aboenawas meneken prasasti peresmian Puskesmas Mokupa, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Fasilitas kesehatan di Kolaka Timur (Koltim) terus ditingkatkan. Teranyar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) membangun Puskesmas Mokupa di Kecamatan Lambandia. Proyek yang menelan biaya Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 3,9 miliar itu diperuntukan untuk melayani masyarakat di enam desa, perbatasan Koltim-Konsel itu.

Pj. Bupati Kolaka Timur, H. Sulwan Aboenawas menyampaikan, Puskesmas Mokupa melayani sekira 6.925 jiwa yang ingin berobat dan mengunakan fasilitas kesehatan tersebut. Dia menjelaskan, setiap kecamatan memiliki puskesmas dan memiliki rasio yang ditampung. Normalnya rasio puskesmas 10.403 jiwa. Namun di Lambadia jumlah penduduknya mencapai 20.008 jiwa, sehingga perluh adanya puskesmas pembantu yakni Puskesmas Mokupa dan Puskesmas Lambadia.

"Saya harap pasca diresmikannya gedung Puskesmas Mokupa ini pelayanan kesehatan meningkat serta optimalisasi pengunaan alat kesehatan (Alkes) untuk kebutuhan masyarakat. Mudah-mudahan masyarakat terbantu dalam rangka menjaga kesehatan," jelasnya, Minggu (14/8).

Sekretaris Dinas Kesehatan Koltim, Irfan Labatam menyampaikan, Puskesmas Lambandia yang baru sudah diresmikan Pj bupati, pekan lalu. "Mudah-mudahan pelayanan kesehatan semakin bagus. Gedung baru sebagai wujud perhatian pemerintah membantu masyarakat menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai," jelasnya. (kus/c)

  • Bagikan