Presiden Diagendakan Kenakan Pakaian Adat Sultra Pada Peringatan HUT ke-77 RI

  • Bagikan
Asrun Lio (Pj.Sekda Sultra)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Peringatan detik-detik HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022 ini menjadi sebuah kebanggaan masyarakat Sultra. Dua kearifan lokal Sultra akan tampil di Istana Merdeka. Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Sultra Asrun Lio mengatakan selain Tari Lumense dari Tokotu'a, Kabupaten Bombana, pakaian adat Sultra diagendakan akan dikenakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada HUT ke-77 Kemerdekaan.

Pj.Sekda Asrun Lio menuturkan beberapa hari lalu protokoler istana kepresidenan meneleponnya. Pihak istana menanyakan kesanggupan dan kesiapan Pemprov Sultra menyiapkan pakaian adat Sultra yang akan dikenakan Presiden Jokowi pada saat peringatan detik-detik proklamasi.

Asrun Lio memastikan kesiapan itu kepada pihak istana kepresidenan. Bahkan Pemprov Sultra sanggup menyiapkan dua pakaian adat. "Dua pakaian adat yang akan di kenakan Presiden Jokowi sudah kita kirim ke Jakarta. Dua pakaian adat Sultra yang dikirimkan adalah pakaian adat Tolaki dan adat Buton. Nanti Bapak Presiden yang akan memilih pakaian adat Sultra yang akan dikenakan," ujarnya kepada Kendari Pos, Minggu (14/8), kemarin.

Selain itu, Pemprov Sultra juga mencantumkan filosofi dan tata cara pemakaian kedua baju adat tersebut.
"Penyertaan filosofi pakaian adat itu atas permintaan istana. Filosofi tersebut nantinya akan dibacakan pada saat peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka. Sehingga masyarakat Indonesia tahu filosofi dan asal pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi," ungkap Pj.Sekda Asrun Lio.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra itu meyakini ketika pakaian adat Sultra dikenakan Presiden Jokowi di istana, maka Sultra akan lebih dikenal masyarakat secara nasional, bahkan internasional. "Sultra ini dihanya dikenal akan kekayaan mineral tetapi juga karena kekayaan budayanya," tutup Pj.Sekda Asrun Lio. (jib/c)

  • Bagikan