Airlangga Hartarto Apresiasi Mobil Listrik Isuzuerjakan

  • Bagikan
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) berbincang dengan President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Ernando Demily (kedua kiri) saat kunjungan ke booth Isuzu di Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022, Kamis (11/8/2022) di ICE BSD Serpong Banten. Penjualan Electric Vehicle (EV) di Pasar global kini sudah mencapai 55 juta unit, Isuzu di GIIAS juga memamerkan mobil listriknya. Penjualan Isuzu di semester I tahun 2022 meraih 14.956 atau naik 25 % dibanding periode yang sama tahun 2021.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi mobil listrik yang dipamerkan Isuzu yakni Elf Electric Vehichle (EV) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/08/2022).

Airlangga sempat bertanya ke direksi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kapan mobil listrik itu akan dipasarkan di Indonesia. Sebelumnya, saat membuka GIIAS 2022, Airlangga mengatakan, potensi pasar otomotif Indonesia masih besar. Menko mencatat, rasio kepemilikan mobil di Indonesia mencapai 99 mobil per 1.000 penduduk.

Selain itu, harga mobil saat ini relatif kompetitif, mayoritas sekitar Rp 200 juta hingga Rp300 juta. Ia menambahkan, pasar kendaraaan listrik atau electric vehicle (EV) global ke depan meningkat. Saat ini penjualan EV di pasar global mencapai 55 juta unit. Menurut Airlangga, pemerintah berkomitmen mendorong pertumbuhan mobil listrik di Tanah Air. Hal itu sebagai komitmen untuk merealisasikan kesepakatan Paris COP (conference of parties) dan net zero emission. “Untuk itu, dukungan pemerintah dilakukan dalam bentuk pemberian insentif pajak atau PPnBM ditanggung pemerintah,” kata Airlangga yang didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Menurut Airlangga, GIIAS kali ini berbeda karena banyak mobil listrik yang dipamerkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sementara itu, President Director PT IAMI Ernando Demily saat menyambut Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang mengatakan, Isuzu selalu mendukung kebijakan pemerintah, termasuk dalam upaya mengusung program energi terbarukan di industri otomotif, dengan produk mobil listrik. Makanya, dalam GIIAS 2022 ini, Isuzu menampilkan kendaraan elektrik Isuzu Elf Electric Vehichle (EV).

Ini untuk pertama kalinya mobil itu dipamerkan kepada masyarakat Indonesia. Ernando memaparkan, saat ini mobil listrik Isuzu baru dipasarkan di Jepang dan Amerika Serikat. Menurut Ernando, IAMI masih melihat bagaimana hasil evaluasi di dua negara itu. Pihaknya juga ingin melihat kondisi pasar di Indonesia dan ketersediaan jaringan pendukung untuk mobil listrik di Tanah Air. Selain kendaraan listrik, di ruang pamer Isuzu di Hall 7C ICE, BSD, IAMI juga menampilkan sejumlah model yang dipasarkan dan menjadi andalan di Indonesia yaitu Isuzu Giga FVR S Wing Box, Isuzu Elf NPS 4x4 Manhaul, Isuzu Elf NLR B Campervan, All New Isuzu Mu-X, All New Isuzu D-Max, dan Isuzu Traga Aplikasi Bengkel Isuzu Berjalan. Menurut Ernando, dalam pameran kali ini, pihaknya tetap memberi penekanan pada pemenuhan layanan purna jual. “Penjualan dan layanan purna jual memiliki tingkat kepentingan yang sama. Oleh karenanya, sales dan aftersales dipastikan keduanya bekerja sama dan bersinergi untuk dapat memerikan solusi yang komprehensif dan optimal kepada customer,” tutur Ernando.

Ia menjelaskan, untuk mendukung efektivitas dan efisiensi pelayanan, Isuzu telah meningkatkan layanan after sales service mulai dari digitalisasi ekosistem layanan melalui Launching Aplikasi Isuzu ID, hingga pembukaan Part Depo untuk semakin meningkatkan layanan terhadap kebutuhan spare part para konsumen di seluruh Indonesia. “Kami memahami behavior dan kebutuhan customer kami yang membutuhkan layanan prima sehingga kami menyediakan jaringan serta pelayanan yang tepat sasaran,” tutur dia. Diakui, langkah Isuzu menekankan layanan purna jual dan keandalan produk membuat kinerja penjualan Isuzu terus meningkat.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2021, penjualan Isuzu naik 52 persen dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit. Lalu, tahun ini, pada semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2021 yang sebanyak 11.968 unit. Keandalan Isuzu tak hanya diakui konsumen di Indonesia. Regional Office Executive Isuzu Motor Limited Koji Nakamura dalam sambutannya di booth Isuzu di GIIAS 2022 mengatakan, Isuzu telah menjadi pemimpin pasar di 45 negara pada tahun 2021. “Indonesia menjadi salah satu pasar yang vital bagi pertumbuhan bisnis Isuzu secara global,” kata Nakamura. (adv)

  • Bagikan