Tumbuhkan Semangat Patriotisme, Lahirkan Generasi Berdaya Juang

  • Bagikan
Suasana pembukaan rangkaian acara olahraga dan sejumlah lomba lainnya dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Konsel yang dibuka Bupati, H. Surunuddin Dangga (ketiga dari kanan, berdiri) bersama Ketua DPRD, Irham Kalenggo (kiri), kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Berbagai event dimanfaatkan untuk melakukan penjaringan atlet berprestasi di Konawe Selatan (Konsel). Bupati, H. Surunuddin Dangga, juga terus mendorong lahirnya olahragawan andal yang mampu besaing pada berbagai kompetisi lokal maupun nasional. "Untuk itu penjaringan atlet di Konsel harus dimaksimalkan. Kita harus terus menggali setiap potensi yang ada di masyarakat. Olahraga merupakan wahana yang sangat penting dalam membangunan individu dan masyarakat. Olehnya itu, ke depan upaya-upaya menggali potensi ini harus semakin dimaksimalkan," kata Surunuddin Dangga ketika membuka rangkaian kegiatan olahraga dan sejumlah lomba dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Konsel, Selasa (9/8).

Menurutnya, dengan olahraga, maka dapat membentuk fisik yang sehat, olahhati juga membangun seseorang lebih cerdas, sehat, berahklak mulia. "Dan olah rasa kita membangun kemampuan sensitif dan apresiatif dalam mengekspresikan nilai-nilai keindahan," jelasnya, kemarin. Setelah dua tahun berlalu, peringatan HUT RI tidak dapat dilaksanakan secara maksimal karena situasi Covid-19. Akan tetapi untuk tahun ini sudah dapat digelar dengan kemeriahan. "Mari isi hari kemerdekaan dengan semangat cinta tanah air," ungkapnya dalam acara yang dimeriahkan dengan devile (perarakan barisan) masing-masing OPD lingkup Pemkab Konsel.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat menumbuhkan semangat patriotisme. Melahirkan generasi-generasi yang berdaya juang dan berdaya saing tinggi. "Bagaimana kita menginternalisasikan nilai-nilai kepahlawanan, perintisan dan kesetiakawanan sosial yang terbukti sebagai modal utama bagi para pendahulu kita dalam memerjuang kemerdekaan. Kemudian penting melestarikan nilai-nilai luhur dalam membangun diri, keluarga dan daerah," pungkas Surunuddin Dangga. (c/ndi)

  • Bagikan