Tafdil Gelorakan Semangat Kemerdekaan

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Gema Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 sudah mulai terasa gaungnya di seluruh daerah Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Bombana.

Daerah yang dinakhodai Bupati Tafdil itu, menggaungkan semangat kemerdekaan melalui kegiatan pekan olahraga dan seni (Porseni). Selasa, 9 Agustus 2022, rangkaian semarak HUT RI di otorita Bupati Tafdil secara resmi dimulai. Diawali dengan lomba defile yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan se-Kabupaten Bombana dan sekolah.

Kendati diguyur hujan, semangat barisan defile yang diikuti seluruh OPD, Kecamatan se-Kabupaten Bombana dan sekolah tak surut. Secara bergantian barisan defile diterima langsung Bupati Tafdil yang di damping Ketua TP PKK sekaligus anggota DPD RI, Andi Nirwana. Kobaran semangat diperlihatkan seluruh barisan, melalui salam dan lambaian tangan ke Bupati Tafdil dan seluruh tamu undangan. Ini sebagai bukti seluruh kontingen siap mengikuti rangkaian semarak HUT RI ke 77.

Bupati Tafdil memberikan sambutan dihadapan seluruh peserta defile. Dia memberikan apresiasi atas semangat dan antusias seluruh peserta dalam mengikuti pembukaan Porseni, dalam rangka semarak HUT RI di Wonua Bombana. Terlebih lagi, rangkaian semarak HUT ini diawali dengan guyuran hujan. “Terima kasih telah bertahan dalam barisan upacara. Saya hanya ingin mengatakan bahwa saya sayang kalian semua,” ungkap Tafdil.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dr. Abdul Rahman mengungkapkan, beragam lomba dalam menyemarakkan HUT RI ke-77 di Kabupaten Bombana, terdiri dari 16 lomba. Sembilang cabang olahraga, empat cabang seni dan tiga lomba tambahan yakni, pameran, kuliner dan kebersihan yang akan berlangsung mulai 9-17 Agustus 2022.

Diakuinya, berbagai kegiatan yang dihelat dalam rangka menyemarakan HUT RI ke-77 ini, diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai solidaritas, sportivitas dan memupuk kebersamaan dalam bingkai olahraga dan seni. Sehingga dapat memberikan hiburan bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bombana. “Melalui kegiatan ini, menjadi gambaran rasa syukur atas kemerdekaan RI. Ini merupakan bentuk kepedulian Pemda Bombana, sekaligus hiburan untuk kita semua,” pungkasnya.

61 Stand Pameran Pembangunan Meriahkan Semarak HUT Kemerdekaan

Sebanyak 61 stand pameran berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 22 Kecamatan, instansi vertikal, dunia usaha hingga Politeknik, turut dipamerkan dalam pameran pembangunan Kabupaten Bombana. Ini dalam rangka semarak HUT RI ke-77. Pameran pembangunan tersebut berlangsung 9-17 Agustus 2022.

Setelah membuka secara resmi, Bupati Tafdil didampingi Ketua TP PKK Bombana yang juga Anggota DPD RI, Andi Nirwana melakukan kunjungan ke seluruh stand. Terlihat, masing-masing stand, baik dari OPD, hingga kecamatan menampilkan keunikan hasil wilayah masing-masing. Bupati Bombana, H. Tafdil mengungkapkan, pameran pembangunan bertujuan memperingati dan memeriahkan HUT RI ke 77. Sekaligus mensosialisasikan program dan hasil pembangunan Kabupaten Bombana. “Pameran yang diselenggarakan ini, merupakan inisiatif Pemda, agar potensi pertanian, perkebunan pangan, industri, kelautan, pertambangan di tiap kecamatan dapat dipromosikan kepada seluruh masyarakat,” ujar Tafdil saat membuka secara resmi pameran pembangunan, Selasa malam (9/8).

Diakuinya, pameran pembangunan baru dilaksanakan tahun ini. Mengingat tahun sebelumnya ada kasus Pandemi Covid-19. Kegiatan pameran ini, merupakan bagian dari proses, yang bertujuan mempersiapkan pelaku industri pangan, khususnya UMKM di kecamatan untuk beroperasi membangun citra produk pangan UKM yang kompetitif.

Serta menumbuhkan pemahaman mengemasi aspek mutu dan keamanan produk. Sekaligus membangkitkan minat untuk memperluas lapangan pekerjaan. “Selain 61 stand, kita juga bisa melihat ada ratusan pelaku UMKM yang ikut serta menjajakan dagangannya yang ikut serta meramaikan pameran pembangunan ini,” imbuhnya.

Bupati Tafdil berharap, melalui pameran pembangunan ini, masyarakat dapat memanfaatkannya untuk mengetahui berbagai hasil kesenian, alam dan budaya yang dimiliki Kabupaten Bombana. “Selamat menikmati pameran pembangunan ini. Pameran ini ditujukan untuk seuruh masyarakat,”Pungkasnya.(adv/idh)'

  • Bagikan