Pelayanan Disdukcapil di Tomia dan Kaledupa Tertunda

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Program pelayanan yang dilakukan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi pada sejumlah pulau, semestinya sudah harus tuntas sejak Juli lalu. Sayangnya, kegiatan itu hanya berlangsung di Pulau Binongko saja. Pelayanan di Pulau Kaledupa dan Tomia masih ditunda. Meski persiapan sudah cukup matang, namun agenda tahunan ini tidak terselesaikan sesuai jadwal yang ada. Alasannya, Disdukcapil tengah melakukan pemutakhiran data yang diminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi. Sehingga jadwal pelayanan pada dua pulau ini akan dijadwalkan ulang.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Wakatobi, Condo, menjelaskan, pelayanan di pulau Binongko kurang lebih tiga hari dihelat sesuai jadwal yang ada. Sedikitnya ada 400 warga setempat yang melakukan perekaman KTP, termasuk pengurusan dokumen kependudukan lainnya. “Jadi, pada agenda pelayanan di pulau-pulau sebelumnya, kita hanya menuntaskan di Binongko dulu. Petugas pelayanan kembali ke Wangi-Wangi karena kita masih melakukan pemutakhiran data. Akhirnya kita tunda jadwal di Pulau Tomia dan Kaledupa,” ungkapnya, Senin (8/8).

Kendati demikian, pihaknya akan segera menjadwalkan pelayanan di dua pulau ini. Jika tak ada kendala lagi, maka diupayakan dalam waktu dekat ini. Apalagi kesiapan stok blanko KTP masih aman. “Kita akan jadwalkan ulang lagi pelayanan di Tomia dan Kaledupa,” janji Condo.
Sementara itu, saat ini pihaknya masih menggunakan lima unit alat perekaman KTP hingga server pengadaan tahun 2021 lalu di kantor Disdukcapil Wakatobi untuk pemutakhiran data. Alat-alat tersebut akan disalurkan ke Kaledupa, Tomia dan Binongko untuk difungsikan pada kecamatan di pulau tersebut. Sehingga kedepan, pelayanan dokumen kependudukan tidak hanya di Pulau Wangi-Wangi, melainkan di semua wilayah. (c/thy)

  • Bagikan

Exit mobile version