Dinsos Kendari Endus Bansos Salah Sasaran

  • Bagikan
ABDUL RAUF


-Terima 20 Laporan Masyarakat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Indikasi adanya penyelewengan bantuan sosial (bansos) kembali berembus. Diduga sejumlah penerima bansos sudah tak layak. Hanya saja, nama mereka belum terhapus dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sejauh ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari telah menerima 20 laporan penyaluran bansos yang salah sasaran.

Kepala Dinsos Kota Kendari Abdul Rauf mengatakan bansos diperuntukan bagi warga kurang mampu. Namun masih ada bantuan yang diduga tidak tepat sasaran. Untuk memastikan kebenaran informasi itu, pihaknya akan menelusuri dan melakukan verifikasi data penerima.

"Sudah ada 20 orang yang melapor. Mereka berasal dari beberapa kelurahan. Aduannya hampir sama, ada penerima bantuan yang tidak layak," beber Abdul Rauf kepada Kendari Pos, Senin (8/8).

Untuk menghindari kecurigaan, ia meminta pihak kelurahan lebih transparan dalam penyaluran bansos. Nama penerima bansos tak boleh ditutupi. Bila perlu, nama penerima diumumkan dan ditempel di kantor kelurahan setiap penyaluran bansos.

"Nantinya, warga tidak akan bertanya-tanya lagi. Apakah mereka termasuk sebagai penerima bansos atau tidak? Di sisi lain, warga bisa mengetahui nama penerima bansos yang sudah tak layak. Kalau ada KPM yang merasa sudah tak layak tinggal laporkan," ujar mantan Kabag Kesra Pemkot Kendari ini.

Selain itu, pihaknya meminta sikap kooperatif penerima bansos yang sudah tak layak. Jika merasa mampu, segera laporkan supaya bisa dicoret dari daftar penerima. Pasalnya, masih banyak warga yang mengantri mendapat bantuan.

Penyaluran bansos kata dia, dilakukan secara terpadu baik unsur pengawasannya, perencanaannya, distribusi hingga identitas penerima bantuan. Proses penyalurannya sama baik Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bansos lainnya. (b/win)

Kuota Bansos 2022

  1. Total Anggaran Rp 35 Miliar
  2. Penerima Sekitar 15.909 Ribu KPM
  3. Pemkot Update Data Calon Penerima
    -Puskesos
    -Ketua RT/RW
    -Lurah dan Camat
  4. Disalurkan Melalui Sejumlah Program
    -Program Keluarga Harapan
    -Bantuan Pangan Non Tunai
    -Bantuan Sosial Tunai
  • Bagikan