Gubernur Sambut Kedatangan Jemaah Haji Sultra

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah) didampingi Pj.Sekda Sultra Asrun Lio (tiga dari kiri), Kepala Kanwil Kemenag Sultra Zainal Mustamin (tiga dari kanan), dan Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala (kanan) menyambut 393 jemaah haji Sultra di Bandara Halu Oleo, Jumat (5/8), kemarin.

Kembali Lengkap, Meraih Haji Mabrur

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Setelah menunaikan rangkaian ibadah haji di Arab Saudi, jemaah haji asal Sultra akhirnya menjejak tanah air. Sekira 393 jemaah haji dari Kloter 6 tiba di Bandara Halu Oleo, Jumat (5/8) pagi, kemarin. Para tamu Allah yang baru kembali dari Tanah Suci itu disambut pejabat daerah.

Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Pj.Sekda Sultra Asrun Lio, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra Zainal Mustamin, dan Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala menyambut para jemaah haji.

Gubernur Ali Mazi menyampaikan rasa syukur dan suka cita yang mendalam atas kembalinya seluruh jemaah haji Sultra dalam keadaan lengkap, sehat dan meraih predikat haji mabrur.

"Syukur alhamdulillah atas rahmat Allah SWT karena jemaah haji Sultra pergi dan pulang dalam keadaan sehat walafiat. Semua itu ini karena ketaatan jemaah aturan dan ketentuan selama beribadah haji di Makkah. Kalau petunjuk dan semua aturan di Makkah diikuti, In Sya Allah jemaah kita pasti sehat. Buktinya jemaah kita hari ini pulang dengan selamat. Semuanya sehat juga setelah di PCR (Polymerase Chain Reaction). Semuanya negatif, " ujar Gubernur Ali Mazi saat menerima rombongan jemaah haji yang pertama tiba di Sultra, kemarin.

Menurut Gubernur Ali Mazi, kesehatan dan keselamatan jemaah haji Sultra mulai berangkat sampai kembali ke tanah air menjadi prioritas pemerintah, khususnya Kanwil Kemenag Sultra. Kanwil Kemenag terus mendampingi jemaah selama melaksanakan ibadah haji dengan tagline 3B, Bersama, Bersatu, dan Bersaudara. "Tentu ini kita syukuri berkat doa masyarakat dan Kakanwil Kemenag Sultra bersama jemaah haji sehingga pulang dengan selamat," ungkapnya.

Gubernur Ali Mazi menitip pesan kepada jemaah agar menjadikan pengalaman spiritual selama berhaji dan predikat haji yang disandang saat ini, sebagai modal untuk memperbaiki kualitas diri pribadi dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Itu bisa diwujudkan dengan berakhlakul karimah sesuai tuntunan ajaran Agama Islam, sehingga mencerminkan diri sebagai haji mabrur. Melaksanakan aktivitas keseharian bisa lebih baik lagi, utamanya dalam menjalankan ibadah kepada sang Khaliq, dan dalam menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial, baik dalam hidup bersama keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Gubernur Ali Mazi.

Berkat keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, Gubernur Ali Mazi berharap ke depannya pemerintah pusat melalui Kementerian Agama memberikan tambahan kuota bagi jemaah haji dan petugas haji di Sultra.

"Kita sudah bicarakan dengan Kakanwil bahkan petugas haji daerah juga kita minta ditambahkan.Dulu kita 14 orang petugas hajinya, tapi tahun ini hanya enam. Namun penambahan ini tergantung kebijakan pemerintah pusat dan Kementerian Agama," tutur Gubernur Ali Mazi.

Senada dengan gubernur, Kepala Kanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin mengapresiasi kepatuhan jemaah haji mengikuti semua ketentuan dan aturan dari pemerintah dan petugas haji. Zainal mengakui tidak ada gerakan tambahan dari para jemaah haji selama beribadah di Tanah Suci Makkah.

"Alhamdulillah, jemaah haji Sultra dengan spirit 3B, Bersama, Bersatu, Bersaudara, kita kompak dari tanah air ke tanah suci. Kompak pula dari tanah suci kembali ke tanah air. Kesyukuran kita, semua jemaah haji Sultra sehat, " ujar Zainal Mustamin.

Mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari itu menjelaskan, jemaah haji Sultra secara bertahap kembali, mulai hari ini (kemarin,red) yakni kloter 6. Di dalam kloter 6 itu tergabung empat kabupaten/kota yaitu Kota Kendari, Konawe, Konawe Utara, dan Muna Barat. Jemaah haji Sultra asal Kendari, Konawe, Konawe Utara tiba di Kota Kendari. Sedangkan jemaah haji asal Muna Barat tiba di Bandara Sugimanuru di Kabupaten Muna dan diterima Pemkab Muna Barat.

Untuk kloter 7, tergabung jemaah haji tujuh kabupaten/kota dari kepulauan dan daratan. Mereka akan tiba di Sultra hari ini, 6 Agustus. Sedangkan jemaah haji Sultra di Kloter 8 akan tiba 8 Agustus 2022.

"Kita mohon doanya lancar semua sampai 8 Agustus secara berangsur-angsur jemaah haji dari 17 kabupaten/kota yang tergabung dalam 3 Kloter tiba selamat di daerah dan bertemu dengan keluarga, " pungkas Zainal Mustamin. (ags/b)

  • Bagikan