Kepala SMAN 5 Kendari Apresiasi AJP Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Kepada Peserta Didik

  • Bagikan
Kepala SMAN 5 Kendari, Sofyan Masulili (ketiga dari kiri) mendampingi Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sultra, Aksan Jaya Putra (baju hitam) untuk berfoto bersama usai sosialisasi 4 pilar kebangsaan di SMAN 5 Kendari, Kamis (04/08/2022).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan yang digelar Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Aksan Jaya Putra (AJP) di beberapa sekolah di Kota Kendari, Kamis (04/08/2022) mendapatkan apresiasi dari beberapa pihak. Salah satunya dari Kepala SMA Negeri 5 Kendari, Sofyan Masulili.

Menurut Sofyan, sosialisasi wawasan kebangsaan yang dilaksanakan AJP sangat positif karena bisa mengedukasi siswa agar memahami lebih dalam mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Melalui sosialisasi ini, kami harap seluruh peserta didik bisa memahami keberagaman bangsa dengan banyak suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan budaya, tetapi tetap satu yakni bangsa Indonesia," ungkap Sofyan.

Disisi lain, Sofyan mengucapkan terima kasih kepada AJP yang selama ini sudah turut andil dalam memajukan SMAN 5 Kendari. "Pak AJP sangat mendukung kemajuan SMAN 5 Kendari berbagai program kami dibantu dan kini sudah dirasakan oleh seluruh warga SMAN 5 Kendari," ungkapnya.

Sekedar informasi, sosialisi wawasan kebangsaan di SMAN 5 Kendari, AJP menyampaikan, sejarah terbentuknya bangsa ini dipayungi empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurut AJP, para penerus bangsa, yang masih berada di bangku sekolah, penting rasanya hal ini diketahui. Kata dia, kegiatan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada siswa agar dapat memahami pentingnya wawasan kebangsaan dan semangat bela negara demi keutuhan NKRI.

“Ideologi Pancasila sangat penting untuk terus digaungkan kepada generasi muda. Hal ini untuk menghindari masuknya paham-paham radikal yang dianggap dapat melemahkan ideologi Pancasila,” ungkapnya.

Menurutnya, upaya menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air, sadar berbangsa dan bernegara setia kepada ideologi Pancasila dan memiliki kemampuan dasar bela negara harus ditanamkan sedini mungkin.

Ia pun mengajak para pelajar bersama-sama mengaktualisasikan kembali nilai-nilai yang terkandung dari sila-sila Pancasila dan mengamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (KP)

  • Bagikan