Kaca Gedung Tower Mulai Dipasang

  • Bagikan
Tower Balai Kota Kendari mulai dipasangi kaca. Saat ini, pengerjaan Balai Kota telah mencapai 95 persen. Rencananya, soft launching akan digelar tanggal 17 Agustus mendatang.

-Progres Balai Kota Capai 95 Persen

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Gedung Balai Kota Kendari kini telah berdiri kokoh. Proyek mercusuar Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir ini telah masuk tahap finishing. Kaca gedung mulai dipasang, termasuk penyelesaian bagian gedung lainnya. Sejauh ini, progresnya sudah mencapai 95 persen.

Kabid Cipta Karta Dinas PUPR Kota Kendari, Aswido mengungkapkan pembangunan Balai Kota sudah memasuki tahap finishing. Tahapan finishing yang dimaksud diantaranya adalah pemasangan kaca. "Pemasangan kaca dilakukan agar tampilan Balai Kota terlihat lebih modern," ungkapnya kemarin.

Selain pemasangan kaca lanjut Aswido, pengerjaan bangunan kini tengah berfokus pada penyelesaian lantai, pemasangan plumbing dan meubel. "Semua dikerjakan bersamaan sehingga bisa selesai tepat waktu," kata Aswido.

Melihat progres pembangunan, Aswido optimis gedung Balai Kota sudah bisa digunakan pada Oktober mendatang. Jika memungkinkan, soft launching gedung sudah bisa dilakukan pada peringatan HUT kemerdekaan tanggal 17 Agustus mendatang. "Kita akan kebut pembangunannya," tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku progres pembangunan Balai Kota sangat cepat. Pasalnya, anggaran pembangunan sempat mengalami recofussing akibat pandemi Covid-19. Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini menyebut, pembangunan balai kota telah memasuki tahap finisihing. Beberapa ruangan masuk pada tahap pemasangan meubel. Jika selesai di pasang maka sudah bisa digunakan.

"Gedung parkir, podiumnya dan tower hampir rampung. Insyah Allah bisa kita selesaikan sesuai rencana. Pada bulan Agustus kita akan melaksanakan upacara bendera sekaligus meresmikan pembangunannya. Sementara mall pelayanan mulai beroperasi pada September. Secara bertahap," kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Mega Proyek Balai Kota
Total Anggaran Rp 250 Miliar
Masa Pengerjaan 2019-2022
Pembiayaan Multiyears
Miliki Tiga Bangunan Utama (Podium, Parkir dan Tower)
Ditargetkan Rampung Agustus
Progres Pengerjaan 95 Persen

Fokus Pengerjaan
-Pemasangan Kaca
-Penyelesaian Lantai
-Pasangan Plumbing
-Perlatan kantor dan Meubel

Tahap I (2019) Gedung Utama (gedung podium) Rp 57 Miliar
Tahap II (2021) Perampungan Gedung dan Interior Rp 80 Miliar
Tahap III (2022) Pembangunan Tower Setinggi 9 Lantai Rp 133 Miliar

  • Bagikan

Exit mobile version