PT. Antam Tbk UBPN Kolaka Raih Penghargaan BPS RI

  • Bagikan
General Manager PT.Antam Tbk UBPN Kolaka Nilus Rahmat (dua dari kiri) menerima penghargaan dari BPS RI yang diserahkan Kepala BPS Provinsi Sultra Agnes Widiastuti (dua dari kanan), Rabu (27/7) kemarin. Kedua pemimpin itu didampingi masing-masing External Relation Manager PT.Antam Tbk UBPN Kolaka Pamiluddin Abdullah (kiri) dan Kepala BPS Kabupaten Kolaka Ade Ida Mane (kanan).


Dinilai Paling Responsif Berikan Data Pertumbuhan Ekonomi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dampak positif dari kehadiran PT.Aneka Tambang (Antam) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Kolaka tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, tetapi juga pemerintah di berbagai jenjang, termasuk di level pusat. Perusahaan pelat merah tersebut dinilai sangat membantu pemerintah pusat dalam mengetahui progres pertumbuhan ekonomi di daerah maupun pusat.

Olehnya itu, sebagai bentuk apresiasi kepada PT.Antam Tbk UBPN Kolaka, pemerintah pusat melalui Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) memberikan penghargaan di Main Office PT Antam Tbk UBPN Kolaka di Pomalaa, Rabu (27/7).

Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tenggara, Agnes Widiastuti yang menyerahkan penghargaan tersebut mengungkapkan, penghargaan itu diberikan kepada Antam UBPN Kolaka karena perusahaan tersebut dinilai sebagai perusahaan manufaktur yang sangat responsif memberikan data kepada BPS. "Ini adalah penghargaan dari Kepala BPS RI di Jakarta. Saya hanya ditugaskan untuk menyampaikan amanah ini kepada pimpinan perusahaan di sini karena partisipasinya yang luar biasa," jelasnya.

Ia mengatakan, PT.Antam UBPN Kolaka merupakan salah satu perusahaan besar di Bumi Mekongga dan selalu menjadi sampel BPS. Dimana data yang diminta BPS selalu dijawab dengan baik dan cepat oleh perusahaan tersebut. "Ada tujuh survei yang dilakukan oleh BPS dan itu kami minta datanya selalu direspons dengan sangat baik oleh Antam," ujar Kepala BPS Provinsi Sultra Agnes Widiastuti, kemarin.

Masih kata Agnes, penghargaan tersebut merupakan yang kedua kali bagi PT.Antam UBPN Kolaka. Penghargaan serupa pernah diberikan pada tahun 2019 silam. "PT.Antam UBPN Kolaka secara konsisten memberikan data yang baik. Artinya tepat waktu. Data itu dibutuhkan BPS untuk menghitung pertumbuhan ekonomi di Kolaka, Sultra, dan nasional dari lapangan usaha industri pengolahan," jelasnya.

Dengan respons yang baik itu, PT.Antam UBPN Kolaka tidak hanya membantu kinerja BPS, tetapi juga kinerja pemerintah. "Dengan data yang diberikan ini maka kita dapat mengetahui bagaimana aset industri pengolahan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, provinsi, dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kolaka," kata Agnes.

Sementara itu, General Manager PT.Antam Tbk UBPN Kolaka Nilus Rahmat mengapresiasi penghargaan yang diberikan BPS kepada perusahannya. Nilus berharap, sinergisitas PT.Antam UBPN Kolaka dan BPS semakin baik ke depannya.

"Dari sisi data, kami juga berharap data yang dirilis oleh BPS akan kami gunakan untuk melihat perkembangan daerah dan terutama wilayah sekitar operasional perusahaan di Kecamatan Pomalaa dan Kabupaten Kolaka. Ini sangat baik dan kami menyambut penghargaan ini dengan terus mengupayakan kerja sama yang lebih intens lagi ke depannya," tutur Nilus Rahmat.

Nilus mengatakan, penghargaan yang diraih kali ini tak lepas dari kerja para karyawan PT.Antam UBPN Kolaka.
"Data yang kami kirimkan itu sesuai dengan kebutuhan BPS. Karena yang diminta per bulan maka setiap bulan juga kami kirimkan datanya," pungkasnya. (fad/b)

  • Bagikan